Daftar Isi:
  • Bahasa arab sebagai bahasa kedua merupakan bahasa yang dicukup sulit dipelajari menurut sebagian besar orang, sehingga untuk mempelajarinya dibutuhan adanya suat metode atau media sesuai dengan obyeknya. Sebagaimana secara umum terbagi menjadi empat ketrampilan ; ketrampilan mendengar, ketrampilan berbicara, ketrampilan membaca, dan ketrampilan menulis. Tidak heran bila berbagai macam problem datang bermunculan dalam mempelajari bahasa Arab, baik dari istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah, bahkan metode atau media yang salahpun bisa menjadi problem dalam mempelajari bahasa arab. salah satu menyelesaikan problem ini adalah dengan media pembelajaran berbasis software. software mampu untuk memberikan proses pembelajaran dan fasilitas kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti software Ispring Suite. program ini bisa digunakan untuk proses pembelajaran Bahasa Arab yang lebih kreatif dan sebagai alat evaluasi pembelajaran Bahasa Arab yang lebih efesien. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui efektifitas media Software iSpring Suite dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam meningkatkan ketrampilan berbicara kelas VIII MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kecakapan peserta didik kelas VIII MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo dalam ketrampilan berbicara, 2) Bagaimana penerapan media pembelajaran software iSpring Suite dalam meningkatkan ketrampilan berbicara peserta didik kelas VIII MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo, 3) Bagaimana efektifitas penerapan media pembelajaran software iSpring Suite dalam meningkatkan ketrampilan berbicara peserta didik kelas VIII MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui efektifitas penerapan media pembelajaran software iSpring Suite dalam meningkatkan ketrampilan berbicara adalah menggunakan rumus paired simple test dan untuk memperoleh sampel dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran software iSpring Suite terbukti efektif, hal ini bisa dilihat dari dari analisis yang dilakukan peneliti menujukkan bahwa Thitung (9,098) > Ttabel (2,056) dengan tingkat signifikansi (2-Tailed) 0.000 < 0,005. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan media pembelajaran software iSpirng Suite efektif dalam meningkatkan ketrampilan berbicara peserta didik kelas VIII MTs Nurul Huda.