Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Adapun tahapan yang dilalui dalam penelitian ini adalah analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implentation), dan evaluasi (evaluation). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik. Metode validasi digunakan untuk memperoleh tentang keabsahan dan kelayakan perangkat pembelajaran, metode angket digunakan untuk memperoleh data respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif, dan metode tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa setelah mendapatkan materi pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teknis reduksi data. Hasil uji coba dalam tahap pengembangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Hasil validasi para ahli menunjukkan nilai kevalidan 3,76 untuk RPP dan 3,25 untuk LKS. Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 77,08%. Hal ini berarti siswa merespon dengan baik proses pembelajaan kooperatif yang dilakukan guru di dalam kelas. Sedangkan tes hasil belajar menunjukkan 76,7% siswa telah mencapai kompetensi yang telah ditetapkan yaitu sejumlah 23 siswa dan 23,3% siswa belum mencapai kompetensi atau belum tuntas secara individual yaitu sejumlah 23,3%.