SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM KINERJA GURU STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) FATHUL ULUM POTERAN TALANGO SUMENEP
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru melalui: (1) Pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di MI Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep, (2) Faktor pendukung dan penghambat supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di MI Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep, (3) Upaya pembinaan melalui supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di MI Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan metode deskriptif dan menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan menggunakan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Supervisi akademik dilaksanakan Kepala Madrasah dengan menggunakan teknik kunjungan kelas, (2) Adapun faktor pendukung pelaksanaan supervisi akademik yaitu dapat meningkatkan kualitas pembalajaran, (3) faktor penghambat yang dialami oleh guru MI Fathul Ulum Poteran Talango Sumenep adalah kurangnya media pembelajaran, (4) Upaya pembinaan yang diberikan kepala madrasah adalah rapat guru dan kelompok kerja guru, fungsinya membantu guru pada saat guru mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran.