Daftar Isi:
  • Dalam setiap bahasa mempunyai empat keterampilan, yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Dalam mempelajari bahasa asing kita dituntun untuk mahir dalam setiap ketrampilan. Begitupun dalam ketrampilan berbicara.Permainan bahasa digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan serta menjadikan siswa lebih terinovasi untuk mempelajari bahasa. Salah satu permainan bahasa yang dianggap menarik dalam belajar bahasa Arab adalah LEMPAR BALAS KALIMAT. Permainan ini merupakan suatu cara pembelajaran yang mewajibkan siswa untuk belajar banyak bicara dan banyak kosakata. Disamping itu siswa akan lebih semangat, serta meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Pembelajaran ini mendapat sambutan baik dari siswi kelas VIII. Namun disisi lain sebelum pembelajaran dimulai sebaiknya terlebih dahulu mengenalkan kosa kata yang berhubungan dengan materi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan LEMPAR BALAS KALIMAT dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Tanggulangin Sidoarjo dan untuk mengetahui efektifitas penerapan permainan LEMPAR BALAS KALIMAT siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Tanggulangin Sidoarjo dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi, dan 4) tes. Hasil pembelajaran melatih keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Tanggulangin Sidoarjo dengan LEMPAR BALAS KALIMAT meningkat, hal ini bisa kita lihat dari nilai yang diperoleh siswa dari sebelum penerapan “Permainan LEMPAR BALAS KALIMAT dengan nilai 5,66 dan sesudah penerapan Permainan LEMPAR BALAS KALIMAT 8,06. Untuk itu disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran menggunakan permainan Permainan LEMPAR BALAS KALIMAT atau media lainnya demi keberhasilan pembelajaran bahasa Arab.