Daftar Isi:
  • Kemampuan literasi matematis sangatlah penting dimiliki setiap siswa, karena prestasi literasi matematis siswa di Indonesia sangatlah rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran matematika agar siswa mempunyai kemampuan literasi matematis dalam pembelajaran matematika adalah dengan pendekatan keterampilan proses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dan apakah terdapat peningkatan literasi matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau biasa disebut Quasi Eksperimen karena pada penelitian ini, peneliti hanya menggunakan kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII-A sampai kelas VIII-F SMP YPM 3 Taman. Sampel pada penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII-F SMP YPM 3 Taman. Pengumpulan data dengan observasi aktivitas guru dan siswa, tes kemampuan awal dan akhir. Data dianalisis dengan menggunakan uji analisis data Wilcoxon.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan aktivitas guru dalam kategori sangat baik, aktivitas siswa dikatakan posistif, dan Uji Wilcoxon menunjukkan literasi maematis siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sama dengan literasi maematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses