ctrlnum 13212
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/</relation><title>PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN &#x201C;ORGANISASI PEMERINTAHAN PUSAT&#x201D; MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV-D MINU WEDORO SIDOARJO</title><creator>Kurniawati, Nurul</creator><subject>Kewargaan</subject><subject>Pendidikan</subject><subject>Strategi Belajar Mengajar</subject><subject>Pendidikan Materi</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menyebutkan materi organisasi pemerintahan pusat pada mata pelajaran PKn yang disebabkan karena siswa kesulitan mengomunikasikan materi berdasarkan pemahaman yang mereka miliki, siswa cenderung hiperaktif namun pasif dalam pembelajaran sehingga rata-rata siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran baru yang diterapkan dalam pembelajaran PKn, salah satunya adalah model Two Stay Two Stray.&#xD; Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam mata pelajaran PKn organisasi pemerintahan pusat pada siswa kelas IV-D MINU Wedoro Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan menyebutkan organisasi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn melalui model Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV-D MINU Wedoro Sidoarjo?&#xD; Metode penelitian yang digunakan dalam PTK adalah kualitatif dan kuantitatif yang dikenal dengan mix mothod. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas IV-D MINU Wedoro Sidoarjo. Model PTK yang digunakan dikembangkan oleh Kurt Lewin, terdiri dari empat langkah pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, fotografi, penilaian proses dan tes tulis. &#xD; Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model Two Stay Two Stray dilaksanakan melalui dua siklus. Sebelum dilaksanakan PTK peneliti melakukan pra siklus. Pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 35% dengan kategori gagal, kemudian diadakan siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 42% dengan kategori gagal, dan ditingkatkan lagi di siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90,32% dengan katergori sangat bagus. 2) Peningkatan kemampuan menyebutkan siswa meningkat dengan sangat baik. Hal ini terbukti pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 42% dengan kategori gagal dan rata-rata 67,93. Terjadi peningkatan pada siklus II kemampuan menyebutkan siswa mencapai 90,32% dengan kategori sangat baik dan nilai rata-rata kelas 83,94.</description><date>2016-08-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/6/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/7/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/8/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/9/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/13212/10/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Kurniawati, Nurul (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN &#x201C;ORGANISASI PEMERINTAHAN PUSAT&#x201D; MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV-D MINU WEDORO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>13212</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kurniawati, Nurul
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN “ORGANISASI PEMERINTAHAN PUSAT” MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS IV-D MINU WEDORO SIDOARJO
publishDate 2016
topic Kewargaan
Pendidikan
Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan Materi
url http://digilib.uinsby.ac.id/13212/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/13212/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/13212/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/13212/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/13212/6/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/13212/7/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/13212/8/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/13212/9/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/13212/10/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/13212/
contents Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menyebutkan materi organisasi pemerintahan pusat pada mata pelajaran PKn yang disebabkan karena siswa kesulitan mengomunikasikan materi berdasarkan pemahaman yang mereka miliki, siswa cenderung hiperaktif namun pasif dalam pembelajaran sehingga rata-rata siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran baru yang diterapkan dalam pembelajaran PKn, salah satunya adalah model Two Stay Two Stray. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam mata pelajaran PKn organisasi pemerintahan pusat pada siswa kelas IV-D MINU Wedoro Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan menyebutkan organisasi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn melalui model Two Stay Two Stray pada siswa kelas IV-D MINU Wedoro Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan dalam PTK adalah kualitatif dan kuantitatif yang dikenal dengan mix mothod. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas IV-D MINU Wedoro Sidoarjo. Model PTK yang digunakan dikembangkan oleh Kurt Lewin, terdiri dari empat langkah pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, fotografi, penilaian proses dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model Two Stay Two Stray dilaksanakan melalui dua siklus. Sebelum dilaksanakan PTK peneliti melakukan pra siklus. Pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 35% dengan kategori gagal, kemudian diadakan siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 42% dengan kategori gagal, dan ditingkatkan lagi di siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90,32% dengan katergori sangat bagus. 2) Peningkatan kemampuan menyebutkan siswa meningkat dengan sangat baik. Hal ini terbukti pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 42% dengan kategori gagal dan rata-rata 67,93. Terjadi peningkatan pada siklus II kemampuan menyebutkan siswa mencapai 90,32% dengan kategori sangat baik dan nilai rata-rata kelas 83,94.
id IOS2718.13212
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:06:59Z
last_indexed 2019-06-14T01:25:17Z
recordtype dc
_version_ 1765779012188110848
score 17.538404