MOTIF KOMUNIKASI PELAKU SELFIE MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2012 FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
Daftar Isi:
- Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Apa yang menjadi alasan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2012 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, (2) Apa yang menjadi tujuan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2012 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai Motif Komunikasi Pelaku Selfie Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2012 Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian disini menggunakan Teori Motif yang berguna untuk mempertegas dan sebagai penguat fenomena yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) alasan mahasiswa prodi ilmu komunikasi angkatan 2012 melakukan selfie dikarenakan mampu memberi motivasi, mampu menambah rasa percaya diri, tergantung mood dan trend, (2)tujuan mahasiswa prodi ilmu komunikasi angkatan 2012 melakukan selfie untukbentuk perayaan, menyenangkan diri sendiri, berbagi informasi melalui aktualisasi diri dan mengabadikan moment-moment tertentu.Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi mahasiswa yang memiliki fenomena yang sama adalah harus megurangi foto selfie, selalu memfilter terlebih dahulu terhadap perkembangan tren yang baru dan terus menambah wawasan agar terhindar dari tren baru yang berbahaya.