Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototipe dan fase penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran aritmatika sosial berbasis masalah untuk melatihkan literasi finansial siswa. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada 35 siswa kelas VIIB SMP Kyai Hasyim Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, angket dan tes. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 3,57 dalam artian valid; kevalidan LKS sebesar 3,48 dalam artian valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan prosentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran lebih besar daripada prosentase yang tidak mendukung pembelajaran; keterlaksanaan sintaks sebesar 94% pada pertemuan pertama dan 97% pada pertemuan kedua; kemampuan guru menerapkan pembelajaran sebesar 3,80 yang berarti sangat baik; respon positif siswa sebesar 89,92%; dan hasil tes literasi finansial menunjukkan 5,71% siswa mempunyai kemampuan literasi finansial “tinggi”, 74,29% menunjukkan siswa mempunyai kemampuan literasi finansial “sedang” dan 20,00% menunjukkan siswa mempunyai kemampuan literasi finansial “rendah”. Pengembangan perangkat pembelajaran aritmatika sosial berbasis masalah untuk melatihkan literasi finansial siswa SMP Kyai Hasyim Surabaya dapat digunakan untuk melatihkan literasi finansial siswa.