Daftar Isi:
  • Latar belakang dikarenakan oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa nilai rata-rata kelas hanya 45 karena siswa malas dan mengalami kejenuhan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini akan dapat berdampak pada keterampilan siswa untuk berbicara menjadi sangat terbatas karena siswa mengalami kesulitan, serta rendahnya nilai keterampilan berbicara siswa yang masih dibawah KKM.Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode image streaming pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi memerankan drama dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V A MI Al-Ittihad Jombang? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara melalui penerapan metode image streaming pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi memerankan drama pada siswa kelas V A MI Al-Ittihad Jombang?Model PTK ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A MI Al-Ittihad Jombang tahun pelajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 26 terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.Hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode image streaming dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi memerankan drama berjalan dengan baik melalui perbaikan pada tiap refleksi. Penjelasan ini dapat dilihat dari nilai aktivitas guru meningkat dari 69 pada siklus I menjadi 87 pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari 51 pada siklus I menjadi 90 pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan diterapkannya metode image streaming terlihat dari nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 65,84 dan siklus II sebesar 82,80. Prosentase ketuntasan siswa meningkat terlihat dari prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 57% dan siklus II sebesar 80%.