Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif untuk siswa dengan kemampuan yang berbeda. Model pembelajaran yang cocok adalah model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) karena model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) memiliki beberapa perlakuan (treatment) untuk setiap kemampuan. Perangkat yang dikembangkan untuk mendukung model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) adalah RPP, LKS dan modul. Perangkat tersebut dikembangkan dengan model pengembangan IDI (instructional Development Institute). Evaluasi perangkat yang dikembangkan meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah validasi, observasi, angket dan tes uji kompetensi. Subjek penelitian adalah 22 siswi kelas IX-C SMPIT AT-TAQWA Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli, observasi, angket dan tes. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS dan Modul. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan memenuhi kriteria praktis dengan catatan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan respon positif siswa sebesar 84% dan ketuntasan belajar siswa sebesar 86%.