Daftar Isi:
  • Terpilihnya judul tersebut didasari atas asumsi peneliti bahwa bahasa Arab merupakan materi yang diajarkan di madrasah-madrasah atau di sekolah-sekolah Islam yang didalamnya terdapat aspek berbicara atau kemampuan berbicara siswa yang didalam pembelajaran bahasa Arab disebut Maharah al Kalam. Sedangkan proses pembelajaranya bukanlah hal yang mudah karena bahasa Arab mempunyai unsur-unsur yang banyak dan sekaligus mempunyai keterkaitan yang sangat erat, diantaranya percakapan, mufradat, qowaid, kelancaran dalam mengucapkan sehingga hampir setiap siswa mengalami kesulitan, tidak terkecuali pada siswa siswi MA Bilingual junwangi krian sidoarjo. Oleh karena itu tujuan penyusunan skripsi ini adalah ingin menawaran media pembelajaran yang dianggap baru oleh guru bahasa Arab di MA Bilingual junwangi krian sidoarjo. yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran bahasa Arab Khibrah Mutsirah. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas dan penyajian media tersebut dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MA Bilingual junwangi krian sidoarjo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan strategi penelitian Kuantitatif. Strategi yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, interview, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilannya menggunakan rumus statistik Test-T dengan membandingkan data yang ada pada kelas eksperimen dengan adanya ujian Pre Test dan Post Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran bahasa Arab Khibrah Mutsirah dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisa statistik yang di dapatkan dari kedua variabel dengan menunjukkan angka 10000. Dan juga menunjukkan bahwa proses pembelajaran Maharah al-Kalam di sekolah tersebut berjalan cukup baik dan mendapat respon yang cukup tinggi dari siswa-siswi. Disamping itu, siswa-siswi merasa lebih mudah, santai dan enak dalam belajar berbicara bahasa Arab. Mereka merasa termotivasi dalam belajar bahasa Arab. Karena dengan media tersebut mereka juga merasa terbimbing dalam berbicara bahasa Arab. Di karenakan penelitian ini masih bersifat uji coba maka diperlukan pengkajian yang lebih mendalam lagi oleh peneliti-peneliti lain sehingga dapat diketahui lebih lanjut tentang keunggulan-keunggulan dari penggunaan strategi pembelajaran ini.