EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TRANS SECTOR UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH PELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X DI MADRASAH MUALLIMAT CUKIR JOMBANG
Main Author: | Ayni, Swasti Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/11336/1/Cover.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/11336/2/Abstrak.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/11336/3/Bab.I.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/11336/4/Bab.II.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/11336/5/Bab.III.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/11336/6/Bab.IV.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/11336/7/Bab.V.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/11336/8/Daf.Pustaka.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/11336/ |
Daftar Isi:
- Terpilihnya judul ini didasarkan atas asumsi bahwa metode Trans Sector bertujuan agar siswa dapat mendeskripsikan dan membuat suatu laporan atau karangan tentang suatu objek di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Metode ini sangat cocok diterapkan pada maharah kitabah (khususnya dalam membuat kalimat dan paragraf) karena siswa melakukan pengamatan langsung di lapangan untuk melihat kondisi fisik objek yang diamati sehingga memudahkan mereka untuk menuangkan idenya dalam suatu tulisan. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana penerapan metode Trans Sector 2. Bagaimana maharah kitabah siswa dalam pembelajaran bahasa arab 3. Bagaimana efektivitas penerapan metode Trans Sector dalam meningkatkan maharah kitabah. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan t-tes dan prosentase. Adapun metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan analisis data. Dari hasil tes yang diuji dengan perhitungan statistik diperoleh data mean post tes =8, standar deviasi post tes =0,816, dan nilai T hitung =2,865. Dari hasil tersebut di simpulkan bahwa T hitung lebih besar dari T tabel (2,792,06), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan kemampuan menulis. Jadi, terdapat pengaruh penerapan metode Trans Sector untuk kemampuan menulis pelajaran bahasa arab pada siswa kelas X di Madrasah Muallimat Cukir-Jombang.