PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KJKS BMT MMU CABANG SIDOGIRI PASURUAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui metode survey yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas anggota KJKS BMT MMU Cabang Sidogiri Pasuruan. Untuk mengetahui hal tersebut, maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 anggota dengan penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik, regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian koefisien regresi secara simultan (Uji F) didapatkan F hitung sebesar 91,699 dengan signifikansi 0,000. Karena signifikansi (0,000) lebih kecil dari (0,05), maka dapat dikatakan bahwa trust dan familiarity secara serentak berpengaruh terhadap relationship marketing. Hasil pengujian koefisien regresi secara parsial (uji t) didapatkan variabel trust memiliki nilai t-hitung sebesar 2,767 dengan tingkat signifikan yang dihasilkan kurang dari 5% (sig = 0.007).