Daftar Isi:
  • Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh siswa MI Mambaul Huda bahwa anak yang mengalami kesulitan memahami materi pelajaran dan suasana belajar yang monoton sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Mengingat hal tersebut, penanganan untuk meningkatkan hasil belajar sangat diharapkan, karena aktivitas belajar pada anak dimulai dari bagaimana ia bisa suka dan paham. Bagi anak yang tidak mampu menguasai materi dalam pembelajaran akan ketinggalan banyak informasi. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah hasil belajar dengan mata pelajaran IPA siswa di MI Mamba'ul Huda Kecamatan Dander Bojonegoro. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendekatan keterampilan proses dengan metode STAD dapat diterapkan dalam proses pembelajaran IPA materi gaya pada siswa kelas IV MI Mamba'ul Huda Dander Bojonegoro?. (2) Apakah pendekatan keterampilan proses dengan metode STAD yang diterapkan dalam proses pembelajaran IPA materi gaya pada siswa kelas IV MI Mamba'ul Huda Dander Bojonegoro mampu meningkatkan hasil belajar siswa?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mengetahui sejauh mana pendekatan keterampilan proses dengan metode STAD dapat diterapkan dalam proses pembelajaran IPA materi gaya pada siswa kelas IV MI Mamba'ul Huda Dander Bojonegoro. (2) Untuk mengetahui pendekatan keterampilan proses dengan metode STAD yang diterapkan dalam proses pembelajaran IPA materi gaya pada siswa kelas IV MI Mamba'ul Huda Dander Bojonegoro mampu meningkatkan hasil belajar siswa.....