NILAI-NILAI EDUKASI DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKAROLAND BARTHES PADA IKLAN NUTRILON ROYAL 3-LIFE IS AN ADVENTURE)
Daftar Isi:
- Ada tiga persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana penanda (signifier) dan petanda (signified) nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon (2) Bagaimana makna penanda (signifier) dan petanda (signified) nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon Royal 3-Life Is An Adventure, (3) Bagaimana nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon Royal 3-Life Is An Adventure pada media televisi. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode analisis teks media dengan menggunakan teori analisis semiotik Roland Barthes yang berguna untuk memberikan data mengenai nilai-nilai edukasi iklan Nutrilon Royal 3-Life Is An Adventure pada media Televisi, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis dengan dasar pemikiran Roland Barthes, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang iklan produk susu balita tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) penanda(signifier) danpetanda(signified) nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon Royal 3-Life Is An Adventure bersifat atomistis. Konsep ini melihat bahwa makna muncul ketika ada hubungan yang bersifat asosiasi atau in absentia antara yang ditandai (signified) dan yang menandai (signifier). (2) makna penanda (signifier) dan petanda (signified) nilai-nilai edukasi dalam iklan Nutrilon Royal 3- Life Is An Adventure, produseniklan menyiratkan bahwa produk mereka membantu membentuk generasi dengan jiwa yang besar dan petualang sehingga bisa menggapai cita-cita yang diinginkan. Mengapalife is an adventure karna iklan nutrilon terbaru ini penuh dengan makna yang tersirat yang ingin memotivasi anak-anak serta ibu-ibu untuk menggapai impian dengan berpetualangan. (3) nilai-nilai edukasi iklan Nutrilon Royal 3-Life is An Adventure pada media Televisi ini sangat mengesankan bagi penikmat iklan yang menontonnya, iklan yang sangat mendidik, cocok untuk semua kalangan, di setiap slidenya mengandung makna pendidikan khususnya untuk anak-anak. Kemudian tinggal tugas orang tua saja yang membimbing anak-anak mereka melalui media tersebut. Bertitik tolak dari penelitian ini, sedikit saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas iklan dan pengelola hendaknyalebih kreatif dalam pembuatan iklan agar penikmat iklan tidak bosan-bosan untuk menontonnya dan jadikan iklan yang dibuat sesuatu yang dapat dijadikan bahan pelajaran bagi siapapun yang menyaksikannya.