Daftar Isi:
  • Penelitian ini berdasarkan pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya pada Hasil Belajar dengan materi Perubahan sifat Benda siswa kurang memenuhi Kritreria Ketuntasan Minimal (KKM) dikarenakan semangat belajar siswa kurang, hanya mengacu pada buku paket, siswa tidak diaktifkan dalam proses pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang tidak efektif dan variatif, dan kurangnya sarana belajar. Dengan penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) guru dapat menggali pengetahuan siswa untuk membentuk konsep-konsep kearah pemahaman dan pembelajaran yang lebih baik, saat terjadi pembentukan konsep, siswa memerlukan benda konkrit untuk bereksperimen dan menemukan ide-ide baru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meingkatkan Hasil Belajar yang sesuai dengan KKM. Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada siswa MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo?(2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa MI Darul Ulum setelah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada siswa MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo?. Tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada siswa MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa MI Darul Ulum setelah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada siswa MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo....