PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI QUESTIONING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI HUKUM BACAAN ALIF LAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 BALEN BOJONEGORO
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul Pengaruh Penggunaan Strategi Questioning terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Hukum Bacaan Alif Lam di SMP Muhammadiyah 4 Balen Bojonegooro ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi questioning di SMP Muhammadiyah 4 Balen Bojonegoro, bagaimana Penguasaan konsep pasa materi hukum bacaan alif alam di SMP Muhammadiyah 4 Balen, dan adakah pengaruh penggunaan strtaegi questioning terhadap penguasaan konsep pada materi hukum bacaan alif lam di SMP Muhammadiyah 4 Balen Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Balen Bojonegoro yakni 40 siswa, selanjutnya karena populasinya kurang dari 100 maka penulis dalam penelitian ini mengambil semua populasi untuk dijadikan sampel. Setelah penelitian ini di lakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi questioning di SMP Muhammadiyah 4 Balen Bojonegoro tergolong baik berdasarkan hasil observasi kelas yang menunjukkan pada skor 3,6 serta hasil dari prosentase angket yang menunjukkan angka 65,2%. Sedangkan penguasaan konsep pada materi hukum bacaan alif lam di SMP Muhammadiyah 4 Balen Bojonegoor juga tergolong baik, berdasarkan hasil obeservasi kelas yang menunjukkan pada skor 3,7 serta hasil prosentase angket yang menunjukkan angka 67%. 3). Adapun koefesien korelasi (rxy) yang didapat antara penggunaan strategi questioning dengan penguasaan konsep adalah 0,607 (tergolong kuat), serta lebih besar dari pada rtabel baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% sehingga H0 ditilak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang kuat antara penggunaan strategi questioning dengan penguasaan konsep pada materi hukum bacaan alif lam di SMP Muhammadiyah 4 Balen Bojonegoro.