IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PERILAKU AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA
Daftar Isi:
- Metode pembelajaran sebagai salah satu komponen pendidikan perlu dipahami oleh guru agar proses pembelajaran di kelas dapat berlangsung dengan baik. Karena dengan memiliki pengetahuan yang luas tentang metode, guru dapat memilih metode yang tepat untuk suatu materi (kompetensi) yang akan dipelajari atau dicapai oleh siswa. Pemilihan metode yang tepat akan sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan Metode Role Playing diharapkan siswa bisa lebih aktif dan lebih memahami materi yang disampaikan saat pembelajaran sehingga tujuan pendidikan bisa dicapai. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Implementasi Metode Role Playing Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Perilaku Akhlakul Karimah Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, interview, serta dokumentasi. Untuk mencapai hasil data yang valid dan representatif serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah teknik analisis deskripsi kualitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian melalui berbagai macam metode, hasil yang diketaui tentang Implementasi Metode Role Playing sudah berjalan cukup baik, karena dalam penerapannya guru suah sesuai dengan teori yang ada. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap perilaku akhlakul karimah siswa yang menunjukkan perubahan sesuai dengan yang diharapkan oleh guru yaitu bertambahnya sifat husnudzon (berbaik sangka) kepada orang tua, guru, siswa lain maupun kepada sesama manusia.