HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MENJELANG SBMPTN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR GANESHA OPERATION CABANG GAYUNGSARI BARAT SURABAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self regulated learning dengan kepercayaan diri siswa menjelang SBMPTN di lembaga bimbingan belajar Ganesha Operation cabang Gayungsari Barat Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Subyek penelitian ini adalah siswa Ganesha Operation yang mengikuti bimbingan program belajar menjelang SBMPTN sebanyak 31 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan self regulated learning dengan kepercayaan diri siswa menjelang SBMPTN di lembaga bimbingan belajar Ganesha Operation cabang Gayungsari Barat Surabaya yang ditunjukkan dengan nilai signifikan sebesar 0,001 lebih kecil 0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara self regulated learning dengan kepercayaan diri siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode belajar self regulated learning dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa terutama dalam menghadapi ujian atau tes.