ctrlnum 10360
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/</relation><title>PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) BERKARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BINA BANGSA SURABAYA</title><creator>Marhadi, Yunus</creator><subject>Kurikulum</subject><subject>Evaluasi</subject><subject>Kurikulum</subject><description>Berdasarkan tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah dengan serius berusaha meningkatkan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan kurikulum yang terintegrasi nilai-nilai karakter. &#xD; Proses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter itu menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan). &#xD; SMP Bina Bangsa adalah salah satu sekolah swasta di Surabaya. Sekolah yang beralamatkan di Jl. Siwalankerto Utara II Surabaya ini adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang terintegrasi nilai-nilai karakter. Dalam perapan nilai-nilai karakter SMP Bina Bangsa berusaha semaksimal mungkin dapat dilaksanakan oleh warga sekolah dalam kehidupan sekolah dan kesehariannya. &#xD; Dalam penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berkarakter Dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Bina Bangsa Surabaya, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa. &#xD; Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode intervew, observasi, dan documentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya. &#xD; Dari hasil analisis dibuktikan bahwa pelaksanaan KTSP Berkarakter sebagian besar berjalan dengan baik meskipun ada hambatan dan kekurangan. Dalam pelajaran PAI juga sudah terintegrasi nilai-nilai karakter. Hal ini ditunjukkan dengan adanya silabus dan RPP yang sudah mengandung nilai-nilai karakter.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/2/abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/3/daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/4/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/5/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/6/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/7/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/8/bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights/><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/10360/9/daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> Marhadi, Yunus (2013) PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) BERKARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BINA BANGSA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>10360</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Marhadi, Yunus
title PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) BERKARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP BINA BANGSA SURABAYA
publishDate 2013
topic Kurikulum
Evaluasi
url http://digilib.uinsby.ac.id/10360/1/cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/10360/2/abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/10360/3/daftar%20isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/10360/4/bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/10360/5/bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/10360/6/bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/10360/7/bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/10360/8/bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/10360/9/daftar%20pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/10360/
contents Berdasarkan tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah dengan serius berusaha meningkatkan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan kurikulum yang terintegrasi nilai-nilai karakter. Proses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter itu menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan). SMP Bina Bangsa adalah salah satu sekolah swasta di Surabaya. Sekolah yang beralamatkan di Jl. Siwalankerto Utara II Surabaya ini adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang terintegrasi nilai-nilai karakter. Dalam perapan nilai-nilai karakter SMP Bina Bangsa berusaha semaksimal mungkin dapat dilaksanakan oleh warga sekolah dalam kehidupan sekolah dan kesehariannya. Dalam penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berkarakter Dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Bina Bangsa Surabaya, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode intervew, observasi, dan documentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya. Dari hasil analisis dibuktikan bahwa pelaksanaan KTSP Berkarakter sebagian besar berjalan dengan baik meskipun ada hambatan dan kekurangan. Dalam pelajaran PAI juga sudah terintegrasi nilai-nilai karakter. Hal ini ditunjukkan dengan adanya silabus dan RPP yang sudah mengandung nilai-nilai karakter.
id IOS2718.10360
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
repoId IOS2718
first_indexed 2016-11-09T03:28:14Z
last_indexed 2016-11-24T08:42:17Z
recordtype dc
_version_ 1551868401809358848
score 17.538404