Intensitas Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta

Main Author: Wahyuntini, Sugeng
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/8452/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/2/BAB%20VI.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/3/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/4/Isi%20Penelitian%20Sugeng%20Wahyuntini%20kirim.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/5/NASKAH%20PUBLIKASI%202020.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/
ctrlnum 8452
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/8452/</relation><title>Intensitas Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta</title><creator>Wahyuntini, Sugeng</creator><subject>Karya Ilmiah Pustakawan</subject><description>Perpustakaan memiliki peran strategis dalam proses pendidikan baik formal maupun non formal. Perpustakaan merupakan suatu fasilitas yang disediakan oleh lembaga untuk menunjang proses belajar-mengajar peserta didik sehingga perpustakaan harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Berhasil tidaknya pendidikan yang dicapai oleh mahasiswa merupakan tanggung jawab bersama antara mahasiswa, dosen dan sarana penunjang lain seperti perpustakaan. Penelitian ini berfokus pada intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh mahasiswa FSP ISI Yogyakarta yang sudah dalam masa menjelang akhir studi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling bertujuan dengan mempertimbangkan faktor tertentu. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang mahasiswa yang masing-masing ditentukan berdasarkan prodinya dan 1 orang dosen yang sering berkunjung ke perpustakaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan dan dampaknya terhadap prestasi belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan meningkat karena dorongan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen maupun untuk menyelesaikan tugas akhir. Cara mereka mengakses informasi tidak hanya secara fisik datang ke perpustakaan, melainkan juga memanfaatkan koleksi digital. Kendala yang ditemukan adalah kurang lengkapnya koleksi hingga ke subyek minat utama serta kenyamanan ruang yang bisa mempengaruhi mahasiswa dalam berkunjung secara fisik ke perpustakaan. Selain memanfaatkan koleksi dengan cara membaca, menyalin, memfotokopi dan meminjam, mahasiswa sudah memanfaatkan koleksi repository institusi. Prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada saat mahasiswa aktif memanfaatkan koleksi perpustakaan.</description><date>2020-11-23</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/8452/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/8452/2/BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/8452/3/Lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/8452/4/Isi%20Penelitian%20Sugeng%20Wahyuntini%20kirim.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/8452/5/NASKAH%20PUBLIKASI%202020.pdf</identifier><identifier> Wahyuntini, Sugeng (2020) Intensitas Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Project Report. UNSPECIFIED. </identifier><recordID>8452</recordID></dc>
language eng
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wahyuntini, Sugeng
title Intensitas Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta
publishDate 2020
topic Karya Ilmiah Pustakawan
url http://digilib.isi.ac.id/8452/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/2/BAB%20VI.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/3/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/4/Isi%20Penelitian%20Sugeng%20Wahyuntini%20kirim.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/5/NASKAH%20PUBLIKASI%202020.pdf
http://digilib.isi.ac.id/8452/
contents Perpustakaan memiliki peran strategis dalam proses pendidikan baik formal maupun non formal. Perpustakaan merupakan suatu fasilitas yang disediakan oleh lembaga untuk menunjang proses belajar-mengajar peserta didik sehingga perpustakaan harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Berhasil tidaknya pendidikan yang dicapai oleh mahasiswa merupakan tanggung jawab bersama antara mahasiswa, dosen dan sarana penunjang lain seperti perpustakaan. Penelitian ini berfokus pada intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh mahasiswa FSP ISI Yogyakarta yang sudah dalam masa menjelang akhir studi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling bertujuan dengan mempertimbangkan faktor tertentu. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang mahasiswa yang masing-masing ditentukan berdasarkan prodinya dan 1 orang dosen yang sering berkunjung ke perpustakaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan dan dampaknya terhadap prestasi belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan meningkat karena dorongan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen maupun untuk menyelesaikan tugas akhir. Cara mereka mengakses informasi tidak hanya secara fisik datang ke perpustakaan, melainkan juga memanfaatkan koleksi digital. Kendala yang ditemukan adalah kurang lengkapnya koleksi hingga ke subyek minat utama serta kenyamanan ruang yang bisa mempengaruhi mahasiswa dalam berkunjung secara fisik ke perpustakaan. Selain memanfaatkan koleksi dengan cara membaca, menyalin, memfotokopi dan meminjam, mahasiswa sudah memanfaatkan koleksi repository institusi. Prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada saat mahasiswa aktif memanfaatkan koleksi perpustakaan.
id IOS2705.8452
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2021-09-14T08:31:22Z
last_indexed 2023-05-13T11:21:18Z
recordtype dc
_version_ 1765778038391308288
score 17.538404