Daftar Isi:
  • Keberhasilan proses belajar mengajar tidak lepas dari penggunaan metode didalamnya. Penelitian dengan judul “Penerapan Metode Imitasi dan Drill Pada Ekstrakurikuler Drumband di Sekolah Dasar Marsudirini St. Theresia Boro Kulon Progo Yogyakarta” bertujuan untuk mendeskripsikan proses ekstrakurikuler drumband yang dilaksanakan menggunakan metode drill dan imitasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitaif. Sumber data pada penelitian ini didapatkan dari kepala sekolah dan guru pengampu ekstrakurikuler drumband. Untuk mendapatkan data, dalam penelitian ini digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menulis kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler drumband dengan metode drill dan imitasi dikategorikan berjalan dengan baik. Latihan dilaksanakan dengan membagi setiap pertemuan kedalam 3 sesi. Sesi 1 untuk memainkan kembali materi pada minggu sebelumnya dan penambahan materi baru, sesi 2 untuk istirahat, dan sesi 3 untuk mematangkan materi baru yang telah diberikan.