Music Programs Development at ISI Yogyakarta under the National Policies on Higher Education
Main Author: | Indrawan, Andre |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/7994/1/INTERCOME%20UNY%20-%20Andre%20Indrawan.pdf http://digilib.isi.ac.id/7994/ |
ctrlnum |
7994 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/7994/</relation><title>Music Programs Development at ISI Yogyakarta under the National Policies on Higher Education</title><creator>Indrawan, Andre</creator><subject>Komposisi Musik</subject><subject>Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)</subject><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Penelitian ini membahas perkembangan program Jurusan Musik di FSP ISI Yogyakarta dalam mengantisipasi perubahan kebijakan perguruan tinggi nasional. Sebagai perguruan tinggi negeri khusus seni yang tertua di Indonesia, perubahan yang terjadi di Jurusan Musik selalu bersifat nasional sehingga diharapkan bisa menjadi panutan penerapan ideal studi musik di perguruan tinggi seni yang lain. Oleh karena itu, penelitian tentang upaya Jurusan Musik yang sejauh ini pernah dilakukan untuk menanggapi kebijakan pemerintah terkait pendidikan tinggi perlu dilakukan. Kajian ini dilakukan dengan mengamati kebijakan yang berubah dari yang lama ke yang baru dan kemudian menjelaskan upaya jurusan musik untuk menyesuaikan kurikulumnya dengan perubahan kebijakan. Studi ini menemukan bahwa pada dasarny kebijakan pendidikan tinggi saat itu memberikan kesempatan kepada universitas di Indonesia untuk menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan tinggi internasional. Tampaknya nomenklatur pendidikan tinggi tentang bidang ilmu dan gelar kelulusan selama ini menyebabkan kendala utama pada pengembangan kurikulum musik. Nomenklatur tidak memberikan kebebasan akademis yang cukup bagi bidang musik untuk berkembang sebagai cabang independen seni. Namun demikian Jurusan Musik telah berusaha mengembangkan program-programnya di bawah kebijakan pendidikan tinggi tanpa harus mengabaikan spesifikasi program musiknya.</description><date>2018-10-25</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7994/1/INTERCOME%20UNY%20-%20Andre%20Indrawan.pdf</identifier><identifier> Indrawan, Andre (2018) Music Programs Development at ISI Yogyakarta under the National Policies on Higher Education. In: The 1st International Conference on Music Education Community (INTERCOME), 25-26 Oktober 2018, Music Department of Universitas Negeri Yogyakarta. </identifier><recordID>7994</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Proceeding Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Indrawan, Andre |
title |
Music Programs Development at ISI Yogyakarta under the National Policies on Higher Education |
publishDate |
2018 |
topic |
Komposisi Musik Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz) Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) |
url |
http://digilib.isi.ac.id/7994/1/INTERCOME%20UNY%20-%20Andre%20Indrawan.pdf http://digilib.isi.ac.id/7994/ |
contents |
Penelitian ini membahas perkembangan program Jurusan Musik di FSP ISI Yogyakarta dalam mengantisipasi perubahan kebijakan perguruan tinggi nasional. Sebagai perguruan tinggi negeri khusus seni yang tertua di Indonesia, perubahan yang terjadi di Jurusan Musik selalu bersifat nasional sehingga diharapkan bisa menjadi panutan penerapan ideal studi musik di perguruan tinggi seni yang lain. Oleh karena itu, penelitian tentang upaya Jurusan Musik yang sejauh ini pernah dilakukan untuk menanggapi kebijakan pemerintah terkait pendidikan tinggi perlu dilakukan. Kajian ini dilakukan dengan mengamati kebijakan yang berubah dari yang lama ke yang baru dan kemudian menjelaskan upaya jurusan musik untuk menyesuaikan kurikulumnya dengan perubahan kebijakan. Studi ini menemukan bahwa pada dasarny kebijakan pendidikan tinggi saat itu memberikan kesempatan kepada universitas di Indonesia untuk menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan tinggi internasional. Tampaknya nomenklatur pendidikan tinggi tentang bidang ilmu dan gelar kelulusan selama ini menyebabkan kendala utama pada pengembangan kurikulum musik. Nomenklatur tidak memberikan kebebasan akademis yang cukup bagi bidang musik untuk berkembang sebagai cabang independen seni. Namun demikian Jurusan Musik telah berusaha mengembangkan program-programnya di bawah kebijakan pendidikan tinggi tanpa harus mengabaikan spesifikasi program musiknya. |
id |
IOS2705.7994 |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
institution_id |
84 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
library_id |
99 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
repository_id |
2705 |
subject_area |
Arts/Seni, Kesenian Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi Tata Kelola Seni Pengkajian Seni |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2705 |
first_indexed |
2021-09-14T08:31:13Z |
last_indexed |
2023-05-13T11:21:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778039225974784 |
score |
17.538404 |