Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Drama Tunjung Munanges sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya pada Kelas XI SMA Negeri 2 Sumbawa Besar

Main Author: Fitria, Meilanie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/7972/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7972/2/BAB%20V.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7972/3/Skripsi_Meilanie%20Fitria.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7972/4/Naskah%20publikasi_Meilanie%20Fitria.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7972/
http://lib.isi.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter drama Tanjung Munanges sebagai media pembelajaran Seni Budaya materi drama daerah Tanjung Munanges pada kelas XI di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Tujuan penelitian ini adalah dapat menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Tanjung Munanges, sedang manfaatnya menambah wawasan siswa dalam belajar drama daerah setempat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Seni Drama pada materi drama daerah Tanjung Munanges, sedangkan subjek penelitiannya siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media drama Tanjung Munanges mampu menstimulus siswa memahami nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya selama proses penggarapan drama berlangsung. Dari pembelajaran ini siswa mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan langkahlangkah penggarapan drama Tanjung Munanges, melakukan eksplorasi tokoh dan watak, serta mampu mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter sesuai dengan nilainilai pendidikan karakter yang terdapat dalam drama Tanjung Munanges. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter dalam drama Tanjung Munanges yaitu religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab.