ctrlnum 7966
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/7966/</relation><title>Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Naskah Drama Siorong Karya Yandi Helmi Sebagai Materi Ajar Seni Budaya Bidang Drama Di Kelas X</title><creator>Fauzi, Moh</creator><subject>Karawitan</subject><description>Penelitian yang berjudul &#x201C;Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Siorong Karya Yandi Helmi sebagai Bahan Ajar di Kelas X&#x201D;. Pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat diterapkan mulai dari pengenalan naskah drama salah satunya pada naskah drama Siorong. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama Siorong karya Yandi Helmi serta mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diketahui pada perangkat pembelajaran Seni Budaya bidang drama di kelas X. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. secara metodologis. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian studi pustaka dan memiliki karakteristik seperti yang dicirikan oleh rancangan kualitatif. Dari segi jenis, penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yakni sutradara, aktor/aktris,dan pelaku yang terlibat dalam proses latihan hingga pementasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah ditemukan delapan nilai pendidikan karakter dalam naskah drama ini. Delapan nilai pendidikan karakter itu adalah (1) religius, (2) jujur, (3) kreatif, (4) kerja keras, (5) toleransi, (6) cinta damai, (7) peduli sosial, dan (8) tanggung jawab. Penggambaran watak tokoh dalam naskah drama ini ditinjau dari segi penokohan adalah secara tidak langsung atau secara dramatik. Nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diketahui dalam naskah drama Siorong diimplementasikan menjadi bahan ajar pada mata pelajaran Seni Budaya bidang drama di kelas X yang terdiri dari beberapa unsur perangkat pembelajaran. Beberapa unsur perangkat pembelajaran yang dimaksud yaitu penetapan indikator pencapaian kompetensi, silabus, analisis standar kompetensi lulusan, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Keempat unsur perangkat pembelajaran tersebut berdasarkan kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum 2013.</description><date>2021-01-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7966/1/MOH%20FAUZI_2021_FULL%20TEKS%20%281%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7966/2/MOH%20FAUZI_2021_BAB%201%20PENDAHULUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7966/3/MOH%20FAUZI_2021_BAB%20V%20PENUTUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7966/4/Moh%20Fauzi_2021_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7966/5/Moh%20Fauzi_2021_PERNYATAAN%20PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf.pdf</identifier><identifier> Fauzi, Moh (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Naskah Drama Siorong Karya Yandi Helmi Sebagai Materi Ajar Seni Budaya Bidang Drama Di Kelas X. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>7966</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fauzi, Moh
title Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Naskah Drama Siorong Karya Yandi Helmi Sebagai Materi Ajar Seni Budaya Bidang Drama Di Kelas X
publishDate 2021
topic Karawitan
url http://digilib.isi.ac.id/7966/1/MOH%20FAUZI_2021_FULL%20TEKS%20%281%29.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7966/2/MOH%20FAUZI_2021_BAB%201%20PENDAHULUAN.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7966/3/MOH%20FAUZI_2021_BAB%20V%20PENUTUP.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7966/4/Moh%20Fauzi_2021_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7966/5/Moh%20Fauzi_2021_PERNYATAAN%20PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7966/
http://lib.isi.ac.id
contents Penelitian yang berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Siorong Karya Yandi Helmi sebagai Bahan Ajar di Kelas X”. Pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat diterapkan mulai dari pengenalan naskah drama salah satunya pada naskah drama Siorong. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama Siorong karya Yandi Helmi serta mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diketahui pada perangkat pembelajaran Seni Budaya bidang drama di kelas X. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. secara metodologis. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian studi pustaka dan memiliki karakteristik seperti yang dicirikan oleh rancangan kualitatif. Dari segi jenis, penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yakni sutradara, aktor/aktris,dan pelaku yang terlibat dalam proses latihan hingga pementasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah ditemukan delapan nilai pendidikan karakter dalam naskah drama ini. Delapan nilai pendidikan karakter itu adalah (1) religius, (2) jujur, (3) kreatif, (4) kerja keras, (5) toleransi, (6) cinta damai, (7) peduli sosial, dan (8) tanggung jawab. Penggambaran watak tokoh dalam naskah drama ini ditinjau dari segi penokohan adalah secara tidak langsung atau secara dramatik. Nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diketahui dalam naskah drama Siorong diimplementasikan menjadi bahan ajar pada mata pelajaran Seni Budaya bidang drama di kelas X yang terdiri dari beberapa unsur perangkat pembelajaran. Beberapa unsur perangkat pembelajaran yang dimaksud yaitu penetapan indikator pencapaian kompetensi, silabus, analisis standar kompetensi lulusan, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Keempat unsur perangkat pembelajaran tersebut berdasarkan kurikulum yang terbaru yaitu kurikulum 2013.
id IOS2705.7966
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2022-03-02T11:59:25Z
last_indexed 2023-05-13T11:21:11Z
recordtype dc
_version_ 1765778041739411456
score 17.538404