Upacara Adat Muar Sampu'an Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Musik Etnis Yang Berjudul "Talu Barakat"
ctrlnum |
7452 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/7452/</relation><title>Upacara Adat Muar Sampu'an Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Musik Etnis Yang Berjudul "Talu Barakat"</title><creator>Riansyah, Riansyah</creator><subject>Etnomusikologi</subject><description>Komposisi musik etnis yang berjudul “Talu Barakat” merupakan sebuah transformasi bentuk dari fenomena sosial masyarakat Dayak Kanayant, yakni pandangan hidupnya tentang ‘konsep tiga alam’ . Selanjutnya ‘konsep tiga alam ’tersebut penyaji jadikan sebagai sumber inspirasi atau ide. Dalam
mengimplementasikan ide, penyaji menggunakan metode penciptaan karya-karya baru karawitan Bali yang dipaparkan oleh I Ketut Ardana yang terdiri dari tahap ide, tahap konsep, tahap implementasi, dan tahap pertimbangan cita-rasa (estetis). Setelah menemukan ide, selanjutnya penyaji berusaha menuangkannya ke dalam konsep musikal. Pada tahapan ini penyaji melakukan kontemplasi dan berimajinasi untuk membayangkan ‘suasana’ dari alam atas, alam tengah, dan
alam bawah yang terdapat dalam konsep tiga alam tersebut. Setelah penyaji melihat perbedaan ‘suasana’ dari ketiga alam tersebut, langkah berikutnya adalah menentukan bentuk musikal. Dalam komposisi musik ini penyaji memakai bentuk
campuran instrumental dan vokal. Hal ini menyesuaikan dengan ‘suasana’ yang berbeda dari konsep tiga alam. Pada bagian I penyaji mendeskripsikan tentang ‘suasana’ yang ada di alam atas, bagian II mendeskripsikan ‘suasana’ di alam
tengah, dan pada bagian III mendeskripsikan ‘suasana’ di alam bawah. Dalam mewujudkan ide, penyaji menggunakan idiom-idiom dari etnis Dayak Kanayant, misalnya karakter vokal-vokal yang memiliki cengkok khas Dayak Kanayant yang biasa terlihat pada cengkok di akhir dari lantunan vokal,
ada juga pola permainan kenong (dau) yang memiliki pola permainan seperti kempyung dalam karawitan Jawa. Dengan demikian komposisi musik etnis ini menyajikan idiom-idiom etnis suku Dayak Kanayant dengan medium yang dipakai berasal dari ensambel Jawa, Kalimantan, dan musik Barat.</description><date>2021-01-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/1/RIANSYAH_2021_FULL%20TEXT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/2/RIANSYAH_2021_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/3/RIANSYAH_2021_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/4/RIANSYAH_2021_LAMPIRAN%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/5/RIANSYAH_2021_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/6/RYANSYAH_2021_PERSETUJUAN%20NASKAH%20PUBLKASI.pdf</identifier><type>Image:Image</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/7/maxresdefault.jpg</identifier><type>Video:Video</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/13/watch_v%3DMkXSAqhLI4Y%26feature%3Dyoutu.be</identifier><type>Video:Video</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/14/sh%3A%201%3A%20/usr/bin/youtube-dl%3A%20not%20found</identifier><identifier> Riansyah, Riansyah (2021) Upacara Adat Muar Sampu'an Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Musik Etnis Yang Berjudul "Talu Barakat". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>https://www.youtube.com/watch?v=MkXSAqhLI4Y</relation><recordID>7452</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Image:Image Image Video:Video Video |
author |
Riansyah, Riansyah |
title |
Upacara Adat Muar Sampu'an Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Musik Etnis Yang Berjudul "Talu Barakat" |
publishDate |
2021 |
topic |
Etnomusikologi |
url |
http://digilib.isi.ac.id/7452/1/RIANSYAH_2021_FULL%20TEXT.pdf http://digilib.isi.ac.id/7452/2/RIANSYAH_2021_BAB%20I.pdf http://digilib.isi.ac.id/7452/3/RIANSYAH_2021_BAB%20III.pdf http://digilib.isi.ac.id/7452/4/RIANSYAH_2021_LAMPIRAN%201.pdf http://digilib.isi.ac.id/7452/5/RIANSYAH_2021_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf http://digilib.isi.ac.id/7452/6/RYANSYAH_2021_PERSETUJUAN%20NASKAH%20PUBLKASI.pdf http://digilib.isi.ac.id/7452/7/maxresdefault.jpg http://digilib.isi.ac.id/7452/13/watch_v%3DMkXSAqhLI4Y%26feature%3Dyoutu.be http://digilib.isi.ac.id/7452/14/sh%3A%201%3A%20/usr/bin/youtube-dl%3A%20not%20found http://digilib.isi.ac.id/7452/ https://www.youtube.com/watch?v=MkXSAqhLI4Y |
contents |
Komposisi musik etnis yang berjudul “Talu Barakat” merupakan sebuah transformasi bentuk dari fenomena sosial masyarakat Dayak Kanayant, yakni pandangan hidupnya tentang ‘konsep tiga alam’ . Selanjutnya ‘konsep tiga alam ’tersebut penyaji jadikan sebagai sumber inspirasi atau ide. Dalam
mengimplementasikan ide, penyaji menggunakan metode penciptaan karya-karya baru karawitan Bali yang dipaparkan oleh I Ketut Ardana yang terdiri dari tahap ide, tahap konsep, tahap implementasi, dan tahap pertimbangan cita-rasa (estetis). Setelah menemukan ide, selanjutnya penyaji berusaha menuangkannya ke dalam konsep musikal. Pada tahapan ini penyaji melakukan kontemplasi dan berimajinasi untuk membayangkan ‘suasana’ dari alam atas, alam tengah, dan
alam bawah yang terdapat dalam konsep tiga alam tersebut. Setelah penyaji melihat perbedaan ‘suasana’ dari ketiga alam tersebut, langkah berikutnya adalah menentukan bentuk musikal. Dalam komposisi musik ini penyaji memakai bentuk
campuran instrumental dan vokal. Hal ini menyesuaikan dengan ‘suasana’ yang berbeda dari konsep tiga alam. Pada bagian I penyaji mendeskripsikan tentang ‘suasana’ yang ada di alam atas, bagian II mendeskripsikan ‘suasana’ di alam
tengah, dan pada bagian III mendeskripsikan ‘suasana’ di alam bawah. Dalam mewujudkan ide, penyaji menggunakan idiom-idiom dari etnis Dayak Kanayant, misalnya karakter vokal-vokal yang memiliki cengkok khas Dayak Kanayant yang biasa terlihat pada cengkok di akhir dari lantunan vokal,
ada juga pola permainan kenong (dau) yang memiliki pola permainan seperti kempyung dalam karawitan Jawa. Dengan demikian komposisi musik etnis ini menyajikan idiom-idiom etnis suku Dayak Kanayant dengan medium yang dipakai berasal dari ensambel Jawa, Kalimantan, dan musik Barat. |
id |
IOS2705.7452 |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
institution_id |
84 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
library_id |
99 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
repository_id |
2705 |
subject_area |
Arts/Seni, Kesenian Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi Tata Kelola Seni Pengkajian Seni |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2705 |
first_indexed |
2021-09-14T08:31:05Z |
last_indexed |
2023-05-13T11:21:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778040852316160 |
score |
17.538404 |