ctrlnum 7452
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/7452/</relation><title>Upacara Adat Muar Sampu'an Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Musik Etnis Yang Berjudul "Talu Barakat"</title><creator>Riansyah, Riansyah</creator><subject>Etnomusikologi</subject><description>Komposisi musik etnis yang berjudul &#x201C;Talu Barakat&#x201D; merupakan sebuah transformasi bentuk dari fenomena sosial masyarakat Dayak Kanayant, yakni pandangan hidupnya tentang &#x2018;konsep tiga alam&#x2019; . Selanjutnya &#x2018;konsep tiga alam &#x2019;tersebut penyaji jadikan sebagai sumber inspirasi atau ide. Dalam&#xD; mengimplementasikan ide, penyaji menggunakan metode penciptaan karya-karya baru karawitan Bali yang dipaparkan oleh I Ketut Ardana yang terdiri dari tahap ide, tahap konsep, tahap implementasi, dan tahap pertimbangan cita-rasa (estetis). Setelah menemukan ide, selanjutnya penyaji berusaha menuangkannya ke dalam konsep musikal. Pada tahapan ini penyaji melakukan kontemplasi dan berimajinasi untuk membayangkan &#x2018;suasana&#x2019; dari alam atas, alam tengah, dan&#xD; alam bawah yang terdapat dalam konsep tiga alam tersebut. Setelah penyaji melihat perbedaan &#x2018;suasana&#x2019; dari ketiga alam tersebut, langkah berikutnya adalah menentukan bentuk musikal. Dalam komposisi musik ini penyaji memakai bentuk&#xD; campuran instrumental dan vokal. Hal ini menyesuaikan dengan &#x2018;suasana&#x2019; yang berbeda dari konsep tiga alam. Pada bagian I penyaji mendeskripsikan tentang &#x2018;suasana&#x2019; yang ada di alam atas, bagian II mendeskripsikan &#x2018;suasana&#x2019; di alam&#xD; tengah, dan pada bagian III mendeskripsikan &#x2018;suasana&#x2019; di alam bawah. Dalam mewujudkan ide, penyaji menggunakan idiom-idiom dari etnis Dayak Kanayant, misalnya karakter vokal-vokal yang memiliki cengkok khas Dayak Kanayant yang biasa terlihat pada cengkok di akhir dari lantunan vokal,&#xD; ada juga pola permainan kenong (dau) yang memiliki pola permainan seperti kempyung dalam karawitan Jawa. Dengan demikian komposisi musik etnis ini menyajikan idiom-idiom etnis suku Dayak Kanayant dengan medium yang dipakai berasal dari ensambel Jawa, Kalimantan, dan musik Barat.</description><date>2021-01-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/1/RIANSYAH_2021_FULL%20TEXT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/2/RIANSYAH_2021_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/3/RIANSYAH_2021_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/4/RIANSYAH_2021_LAMPIRAN%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/5/RIANSYAH_2021_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/6/RYANSYAH_2021_PERSETUJUAN%20NASKAH%20PUBLKASI.pdf</identifier><type>Image:Image</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/7/maxresdefault.jpg</identifier><type>Video:Video</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/13/watch_v%3DMkXSAqhLI4Y%26feature%3Dyoutu.be</identifier><type>Video:Video</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/7452/14/sh%3A%201%3A%20/usr/bin/youtube-dl%3A%20not%20found</identifier><identifier> Riansyah, Riansyah (2021) Upacara Adat Muar Sampu'an Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Musik Etnis Yang Berjudul "Talu Barakat". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>https://www.youtube.com/watch?v=MkXSAqhLI4Y</relation><recordID>7452</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Image:Image
Image
Video:Video
Video
author Riansyah, Riansyah
title Upacara Adat Muar Sampu'an Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Musik Etnis Yang Berjudul "Talu Barakat"
publishDate 2021
topic Etnomusikologi
url http://digilib.isi.ac.id/7452/1/RIANSYAH_2021_FULL%20TEXT.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7452/2/RIANSYAH_2021_BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7452/3/RIANSYAH_2021_BAB%20III.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7452/4/RIANSYAH_2021_LAMPIRAN%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7452/5/RIANSYAH_2021_NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7452/6/RYANSYAH_2021_PERSETUJUAN%20NASKAH%20PUBLKASI.pdf
http://digilib.isi.ac.id/7452/7/maxresdefault.jpg
http://digilib.isi.ac.id/7452/13/watch_v%3DMkXSAqhLI4Y%26feature%3Dyoutu.be
http://digilib.isi.ac.id/7452/14/sh%3A%201%3A%20/usr/bin/youtube-dl%3A%20not%20found
http://digilib.isi.ac.id/7452/
https://www.youtube.com/watch?v=MkXSAqhLI4Y
contents Komposisi musik etnis yang berjudul “Talu Barakat” merupakan sebuah transformasi bentuk dari fenomena sosial masyarakat Dayak Kanayant, yakni pandangan hidupnya tentang ‘konsep tiga alam’ . Selanjutnya ‘konsep tiga alam ’tersebut penyaji jadikan sebagai sumber inspirasi atau ide. Dalam mengimplementasikan ide, penyaji menggunakan metode penciptaan karya-karya baru karawitan Bali yang dipaparkan oleh I Ketut Ardana yang terdiri dari tahap ide, tahap konsep, tahap implementasi, dan tahap pertimbangan cita-rasa (estetis). Setelah menemukan ide, selanjutnya penyaji berusaha menuangkannya ke dalam konsep musikal. Pada tahapan ini penyaji melakukan kontemplasi dan berimajinasi untuk membayangkan ‘suasana’ dari alam atas, alam tengah, dan alam bawah yang terdapat dalam konsep tiga alam tersebut. Setelah penyaji melihat perbedaan ‘suasana’ dari ketiga alam tersebut, langkah berikutnya adalah menentukan bentuk musikal. Dalam komposisi musik ini penyaji memakai bentuk campuran instrumental dan vokal. Hal ini menyesuaikan dengan ‘suasana’ yang berbeda dari konsep tiga alam. Pada bagian I penyaji mendeskripsikan tentang ‘suasana’ yang ada di alam atas, bagian II mendeskripsikan ‘suasana’ di alam tengah, dan pada bagian III mendeskripsikan ‘suasana’ di alam bawah. Dalam mewujudkan ide, penyaji menggunakan idiom-idiom dari etnis Dayak Kanayant, misalnya karakter vokal-vokal yang memiliki cengkok khas Dayak Kanayant yang biasa terlihat pada cengkok di akhir dari lantunan vokal, ada juga pola permainan kenong (dau) yang memiliki pola permainan seperti kempyung dalam karawitan Jawa. Dengan demikian komposisi musik etnis ini menyajikan idiom-idiom etnis suku Dayak Kanayant dengan medium yang dipakai berasal dari ensambel Jawa, Kalimantan, dan musik Barat.
id IOS2705.7452
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2021-09-14T08:31:05Z
last_indexed 2023-05-13T11:21:05Z
recordtype dc
_version_ 1765778040852316160
score 17.538404