ctrlnum 731
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/731/</relation><title>Respons Model Pembelajaran Piano Secara Visual Dan Audiovisual Pada Anak Asperger (Studi Kasus Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta)</title><creator>Priskila Chintya Wisnu Kristanti, NIM. 1011555013</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Pentingnya memahami karakter murid dan model pembelajaran yang tepat dalam dunia&#xD; pendidikan ini sangat dibutuhkan oleh seorang guru. Terlebih disaat harus menghadapi murid&#xD; berkebutuhan khusus yakni penyandang Asperger. Seperti dalam proses pembelajaran piano&#xD; yang harus dibutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi ketika harus memainkan sebuah&#xD; repertoar lagu. Penelitian kali ini berisi tentang respons dan bagaimana cara yang efektif&#xD; untuk memberikan model pembelajaran kepada penyandang Asperger ketika mengikuti&#xD; proses pembelajaran piano.&#xD; Musik dapat menjadi sarana terapi bagi anak berkebutuhan khusus karena mampu&#xD; meningkatkan multi kecerdasan melalui aktivitas memainkan musik dan berkarya yang&#xD; terintegrasi dengan gerak serta meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi anak (Milyartini,&#xD; 2010). Banyak ahli yang mengungkapkan bahwa melatih organ pendengaran anak autis&#xD; merupakan hal yang penting dalam proses penyembuhan (Reza, 2011). Sehingga dengan&#xD; menggunakan model pembelajaran secara visual dan audiovisual tentunya dapat memberikan&#xD; respons yang berbeda bagi anak berkebutuhan khusus, dalam hal ini penyandang Asperger.&#xD; Maka, dari dua model pembelajaran ini akan terlihat respons model pembelajaran bagi&#xD; penderita Asperger dalam mengikuti proses pembelajaran piano.&#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan&#xD; Studi Kasus. Kesimpulan yang dapat ditarik dari studi ini adalah model pembelajaran&#xD; audiovisual lebih baik digunakan dalam proses pembelajaran piano bagi subjek penyandang&#xD; Asperger dalam penelitian ini. Hal ini dapat memberikan hasil yang maksimal bagi subjek&#xD; tersebut dalam pemahaman dan permainan dalam sebuah repertoar lagu.</description><date>2015-01-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/731/1/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/731/2/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/731/3/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/731/4/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/731/5/BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/731/6/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Priskila Chintya Wisnu Kristanti, NIM. 1011555013 (2015) Respons Model Pembelajaran Piano Secara Visual Dan Audiovisual Pada Anak Asperger (Studi Kasus Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id/</relation><recordID>731</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Priskila Chintya Wisnu Kristanti, NIM. 1011555013
title Respons Model Pembelajaran Piano Secara Visual Dan Audiovisual Pada Anak Asperger (Studi Kasus Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta)
publishDate 2015
isbn 9781011555017
topic Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
url http://digilib.isi.ac.id/731/1/BAB%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/731/2/BAB%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/731/3/BAB%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/731/4/BAB%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/731/5/BAB%205.pdf
http://digilib.isi.ac.id/731/6/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.isi.ac.id/731/
http://lib.isi.ac.id/
contents Pentingnya memahami karakter murid dan model pembelajaran yang tepat dalam dunia pendidikan ini sangat dibutuhkan oleh seorang guru. Terlebih disaat harus menghadapi murid berkebutuhan khusus yakni penyandang Asperger. Seperti dalam proses pembelajaran piano yang harus dibutuhkan ketelitian dan fokus yang tinggi ketika harus memainkan sebuah repertoar lagu. Penelitian kali ini berisi tentang respons dan bagaimana cara yang efektif untuk memberikan model pembelajaran kepada penyandang Asperger ketika mengikuti proses pembelajaran piano. Musik dapat menjadi sarana terapi bagi anak berkebutuhan khusus karena mampu meningkatkan multi kecerdasan melalui aktivitas memainkan musik dan berkarya yang terintegrasi dengan gerak serta meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi anak (Milyartini, 2010). Banyak ahli yang mengungkapkan bahwa melatih organ pendengaran anak autis merupakan hal yang penting dalam proses penyembuhan (Reza, 2011). Sehingga dengan menggunakan model pembelajaran secara visual dan audiovisual tentunya dapat memberikan respons yang berbeda bagi anak berkebutuhan khusus, dalam hal ini penyandang Asperger. Maka, dari dua model pembelajaran ini akan terlihat respons model pembelajaran bagi penderita Asperger dalam mengikuti proses pembelajaran piano. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Kesimpulan yang dapat ditarik dari studi ini adalah model pembelajaran audiovisual lebih baik digunakan dalam proses pembelajaran piano bagi subjek penyandang Asperger dalam penelitian ini. Hal ini dapat memberikan hasil yang maksimal bagi subjek tersebut dalam pemahaman dan permainan dalam sebuah repertoar lagu.
id IOS2705.731
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2016-09-21T13:24:14Z
last_indexed 2021-09-14T08:28:29Z
recordtype dc
_version_ 1765778005493284864
score 17.538404