Daftar Isi:
  • Beberapa daerah di pesisir utara Pulau Jawa terkena dampak bajir rob. Salah satunya di Desa Api-api, Pekalongan, Jawa Tengah. Banyak masyarakat meninggalkan rumahnya namun tidak sedikit pula yang memilih tinggal karena keterbatasan ekonomi. Karya film dokumenter ini menceritakan potret Dulhaji yang memilih tetap tinggal dengan kondisi banjir rob. Film dokumenter merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan realitas di sekitar kita dari sekian banyak cara. Penonton diharapkan dapat melihat dan memahami realitas Dulhaji dalam menyiasati kehidupan sehari-hari dengan keterbatasan yang dimiliki. Gaya Cinéma vérité dalam film dokumenter digunakan untuk menguatkan realitas cerita melalui keterlibatan sutradara secara langsung dalam film melalui interaksi dan provokasi terhadap subjeknya. Keterlibatan secara langsung dapat menjadi jaminan kebenaran. Realitas Dulhaji dalam menyiasati kehidupannya akan dikemas dalam karya tugas akhir berjudu Penyutradaraan Film Dokumenter Dulhaji Dolena dengan Gaya Cinéma vérité. Dulhaji. Siasat-siasat itu dapat dilihat melalui keseharian Dulhaji seperti berjualan buah dingin, MC ulang tahun anak-anak, membuat konten lucu untuk Facebook dan membuat lagu. Rekaman peristiwa sehari-hari yang disajikan dalam film mampu mengungkap realitas Dulhaji yang tersembunyi. Kata Kunci: Film Dokumenter, Cinéma vérité, Banjir Rob, Pekalongan, Penyutradaraan