CITRA PERPUSTAKAAN:(Studi Kualitatif Tentang Persepsi Staf Pengajar pada Program Pascasarjana (PPS) ISI Yogyakarta Terhadap Layanan Perpustakaan PPS ISI Yogyakarta)

Main Author: HARTONO, Fl.Agung
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/6177/
http://lib.isi.ac.id
ctrlnum 6177
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/6177/</relation><title>CITRA PERPUSTAKAAN:(Studi Kualitatif Tentang Persepsi Staf Pengajar pada Program Pascasarjana (PPS) ISI Yogyakarta Terhadap Layanan Perpustakaan PPS ISI Yogyakarta)</title><creator>HARTONO, Fl.Agung</creator><subject>Karya Ilmiah Pustakawan</subject><description>Penelitian ini membahas tentang persepsi, motivasi dan perilaku dosen dalam kaitannya dengan layanan perpustakaan di Program Pascasarjana (PPS) ISI Yogyakarta. Secara khusus akan membahas mengenai sejauh mana keberadaan layanan perpustakaan di kalangan dosen. Motivasi apa yang mendorong mereka memanfaatkan layanan perpustakaan. Dalam hubungannya dengan teori, penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini berusaha untuk memahami makna dari berbagai peristiwa dan interaksi manusia di dalam situsi yang khusus, yang mana situsi yang khusus disini adalah tindakan beberapa dosen dalam hal pemanfaaatan layanan perpustakaan. Dari situasi itu fenomenologi memandang perilaku manusia, apa yang dikatakan dan dilakukan adalah sebagai suatu produk dari bagaimana melakukan tafsir terhadap dunia mereka sendiri. Adapun teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan metode purposive sampling, maximum variation sampling, yaitu variasi secara maksimal sehingga seluruh karakteristik terwakili. Dengam jumlah responden 10 orang diambil dari dosen yang mengajar di PPS ISI Yogyakarta. Informan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi. Teknik analisa data secara kualitatif serta uji validitas secara tiangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dosen terhadap layanan perpustakaan beragam. Hal ini terbukti dengan anggapan salahsatu dosen bahwa keberadaan perpustakaan merupakan sarana penting dan harus diadakan di lingkungan kampus. Mengenai motivasi dosen dalam memanfaatkan layanan perpustakaan disebabkan karena adanya tanggungjawab untuk membuat karya dan memenuhi angka kredit.</description><publisher>UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta</publisher><date>2019-11-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><identifier> HARTONO, Fl.Agung (2019) CITRA PERPUSTAKAAN:(Studi Kualitatif Tentang Persepsi Staf Pengajar pada Program Pascasarjana (PPS) ISI Yogyakarta Terhadap Layanan Perpustakaan PPS ISI Yogyakarta). CITRA PERPUSTAKAAN. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>6177</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
author HARTONO, Fl.Agung
title CITRA PERPUSTAKAAN:(Studi Kualitatif Tentang Persepsi Staf Pengajar pada Program Pascasarjana (PPS) ISI Yogyakarta Terhadap Layanan Perpustakaan PPS ISI Yogyakarta)
publisher UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
publishDate 2019
topic Karya Ilmiah Pustakawan
url http://digilib.isi.ac.id/6177/
http://lib.isi.ac.id
contents Penelitian ini membahas tentang persepsi, motivasi dan perilaku dosen dalam kaitannya dengan layanan perpustakaan di Program Pascasarjana (PPS) ISI Yogyakarta. Secara khusus akan membahas mengenai sejauh mana keberadaan layanan perpustakaan di kalangan dosen. Motivasi apa yang mendorong mereka memanfaatkan layanan perpustakaan. Dalam hubungannya dengan teori, penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini berusaha untuk memahami makna dari berbagai peristiwa dan interaksi manusia di dalam situsi yang khusus, yang mana situsi yang khusus disini adalah tindakan beberapa dosen dalam hal pemanfaaatan layanan perpustakaan. Dari situasi itu fenomenologi memandang perilaku manusia, apa yang dikatakan dan dilakukan adalah sebagai suatu produk dari bagaimana melakukan tafsir terhadap dunia mereka sendiri. Adapun teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan metode purposive sampling, maximum variation sampling, yaitu variasi secara maksimal sehingga seluruh karakteristik terwakili. Dengam jumlah responden 10 orang diambil dari dosen yang mengajar di PPS ISI Yogyakarta. Informan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi. Teknik analisa data secara kualitatif serta uji validitas secara tiangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dosen terhadap layanan perpustakaan beragam. Hal ini terbukti dengan anggapan salahsatu dosen bahwa keberadaan perpustakaan merupakan sarana penting dan harus diadakan di lingkungan kampus. Mengenai motivasi dosen dalam memanfaatkan layanan perpustakaan disebabkan karena adanya tanggungjawab untuk membuat karya dan memenuhi angka kredit.
id IOS2705.6177
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2020-07-03T04:47:41Z
last_indexed 2021-09-14T08:30:41Z
recordtype dc
_version_ 1765778032754163712
score 17.538404