Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta

Main Author: Fadhilah, Anisya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/5892/1/BAB%20I%20Pendahuluan.pdf
http://digilib.isi.ac.id/5892/4/BAB%20V%20Penutup.pdf
http://digilib.isi.ac.id/5892/5/Jurnal%20Anisya%20Fadhilah.pdf
http://digilib.isi.ac.id/5892/6/Skripsi.pdf
http://digilib.isi.ac.id/5892/
http://lib.isi.ac.id
Daftar Isi:
  • Materi dalam pembelajaran musik yang seringkali menjadi daya tarik bagi siswa yaitu bermain alat musik. Kegiatan pembelajaran musik dalam ektrakurikuler di sekolah biasanya dijadikan dalam bentuk ansambel musik. Ansambel musik yang sering digunakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler adalah alat musik angklung. Angklung seringkali dijadikan sebagai media pembelajaran Seni Budaya dan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran angklung menggunakan metode Kodaly (hand sign) di MTsN 10 Sleman serta efektifitas dalam pembelajaran ekstrakurikuler angklung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampling penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ektrakurikuler angklung Di MTsn 10 Sleman yaitu kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah delapan belas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan metode Kodaly (hand sign) merupakan metode yang efektif serta dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa MTsN 10 Sleman. Dari hasil penelitian yang didapatkan terjadi peningkatan hasil belajar yaitu dari hasil penilaian terdapat rata-rata dalam kategori ‘baik’ yaitu sebanyak 16 siswa dengan presentase 80% mendapat nilai 75 atau lebih.