Penerapan Metode Suzuki Pada Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Purnomo Semarang

Main Author: Fajar Dewi Haryanti, NIM : 1111712013
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/583/1/bab%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/583/2/bab%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/583/3/bab%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/583/4/bab%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/583/
http://lib.isi.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran musik diperlukan metode yang tepat untuk mendukung proses belajar mengajar. Metode Suzuki adalah metode pembelajaran dengan pendekatan bahasa ibu atau bisa disebut ”mother tongue”. Menurut Suzuki pembelajaran bahasa ibu adalah proses belajar musik pada anak dengan pendekatan kasih sayang dan cinta kasih, seperti seorang ibu mengajarkan bahasa kepada anaknya. Dalam pembelajaran biola, pengajar menerapkan Metode Suzuki yang mencakup tentang anatomi memegang biola, cara menggesek, dan memainkan lagu. Penelitian ini membahas tentang “Penerapan metode Suzuki pada proses pembelajaran biola di Kursus Musik Purnomo Semarang. Penelitian ini menerapkan Metode Suzuki pada kursus musik Purnomo dan bagaimana meningkatkan peminat untuk belajar biola serta aktualisasi kualitas pembelajaran pada intrumen biola. Diharapkan dengan diterapkannya Metode Suzuki dapat menambah peminat yang ingin belajar instrumen biola. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif – action research. Data yang diperoleh diinterpretasikan berdasarkan kerangka teori yang sudah dibahas di dalam penelitian. Penelitian ini menyatakan bahwa Metode Suzuki tidak bisa diterapkan di Sekolah Musik Purnomo sehingga kurang terjadi peningkatan kualitas pembelajaran serta tidak mampu meningkatkan peminat instrumen biola.