Pelatihan Akor Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Instrumen Gitar di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta

Main Authors: Kustap, Kustap, Arifiandi, Muhammad Syukron Ismail, Nugroho, Bimo Wahyu
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/5742/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/5742/2/BAB%20II-V.pdf
http://digilib.isi.ac.id/5742/3/BAB%20VI.pdf
http://digilib.isi.ac.id/5742/4/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/5742/5/Jurnal%20-Kustap.pdf
http://digilib.isi.ac.id/5742/
Daftar Isi:
  • Akor merupakan elemen musik yang berkaitan dengan gerakan vertikal, di mana nada-nada dibunyikan secara bersama-sama. Akord merupakan objek material dalam penelitian ini sedangkan fokus atau objek formalnya adalah proses pelatihan akord dalam pembelajaran mata kuliah instrumen gitar baik instrumen mayor gitar maupun ansambel gitar. Akor merupakan elemen musik yang berhubungan dengan gerakan waktu dalam musik, di mana waktu selalu bergerak dan mengatur kesetabilan rasa musikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara melatih mahsiswa mengamati nada-nada yang terdapat dalam setiap birama lalu menentu akord pada birama tersebut. Teknik pengupulan data menggunkan teknik triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentsi, sedangkan proses analisis data dengan langkah mengumpulkan data, mereduksi data, menampilkan data dan menyimpulkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi latihan akor, dengan proses mencari, menganalisis nada-nada yang dominan pada setiap birama lagu, menyimpulkan nama akor pada setiap birama lagu, dan melatih akor yang ditemukan pada instrumen gitar.