Penciptaan Seni Kerajinan Keramik Komoditi Ekspor Berbasis Material Earthenware dan Teknologi Lokal(Tahun ke 1 dari rencana 2 Tahun)

Main Authors: Subiharto, Joko, Raharjo, Timbul
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/4901/1/Bab%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4901/2/Bab%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4901/3/Bab%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4901/4/Bab%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4901/5/Bab%205.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4901/6/Bab%206.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4901/7/Bab%207.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4901/8/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4901/
http://lib.isi.ac.id
Daftar Isi:
  • Industri keramik telah menjadi mata pencaharian para perajin di beberapa wilayah Indonesia. Terdapat banyak potensi sentra seni kerajinan keramik berbentuk home industry. Mereka adalah Unit Kegiatam Masyarakat (UKM) yang rentan dari perubahan zaman, seperti terpaan krisis global tahun 2008, yang dampaknya bisa terasa sampai sekarang. Oleh sebab itulah, maka diperlukan produk dengan desain yang selalu baru untuk dapat bersaing dipasar global. Tujuan penciptakan desain baru seni kerajinan keramik ini untuk mefl)lelaraskan dengan perubahan trend design yang berkembang di dunia. Selain itu adalah untuk meningkatkan ekspor non-migas dan meningkatkan ekonomi para perajin. Metode yang digunakan adalah menciptakan berbagai produk seni kerajinan dengan bahan earthenware yang berteknologi lokal seperti berupa guci dan pot. Eksplorasi desain baru seni kerajinan keramik tersebut dapat dilakukan dengan membaca trend dunia. Diolah dari berbagai e/emen interior sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan bentuk dan karakter gerabah yang sedang laris. Hasilfl)la diperoleh prototype, kemudian mengaplikasikan hasil itu dalam reproduksi, yakni menciptakan variasiproduk turunan. Dalam penciptaan ini menggunaka nframe estetis dan ekonomis, penciptaannya melalui studi pustaka dan lapangan untuk mengetahui kecenderungan trend yang kemudian diana/isis me!alui eksplorasi, eksperimen, dan diwujudkan dalam bentuk nyata berupa produk gerabah lokal yang bernuansa global. Tentu saja, tahapan yang terakhir adalah menguji coba pasar.