"Kehidupan Seni Pertunjukan Wisata Dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis Sendratari Rara Jonggrang Di Objek Taman Wisata Candi Prambanan"
Main Author: | Hersapandi, Hersapandi |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/4806/1/Bab%201.pdf http://digilib.isi.ac.id/4806/2/Bab%202.pdf http://digilib.isi.ac.id/4806/3/Bab%203.pdf http://digilib.isi.ac.id/4806/4/Lampiran.pdf http://digilib.isi.ac.id/4806/ http://lib.isi.ac.id |
Daftar Isi:
- Konsep satu paket kunjungan ke obyek wisata candi Prambanan dan atraksi sendratari Rara Jonggrang dipandang penting untuk dikembangkan sebagai produk ekonomi kreatif. Garapan sendratari Rara Jonggrang sebagai sebuah seni kemasan (kitsch) tentu menarik dengan mempertimbangkan sebuah sajian yang apik, inovatit; gemerlapan dan spektakuler. Di samping itu, kemasan yang dikcmbangkan tentu perlu mempertimbangkan ciri-siri seni wisata, yaitu singkat, padat, tiruan dari aslinya, meninggalkan nilai simbolis dan ritual, serta murah harganya menurut kocek wisatawan . Pengembangan konsep new public servi yaitu negara (govermen), market (pasar) dan masyarakat (citizen) merupakan strategi pengelolaan sendratari Rara Jonggrang ke depan. Rumus A+B+T=CC atau Art +Business +Technology = (Creative+Connected) dengan mempertimbangkan kelompok kreatif yakni SDM di bidang teknologi (technological creativity) , ekonomi (economic creaJivity), dan seni budaya (cui/ural creativity) saling berkait dan memcgang peran kunci dalam perwujudan perekonomian berbasis ekonomi kreatif.