Strategi Pembelajaran Praktik Individual Vokal Klasik Melalui Rencana Dan Pelaporan Target Belajar Di Jurusan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Main Author: Bintarto T, A. Gathut
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian Yogyakarta , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/4803/1/Bab%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/2/Bab%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/3/Bab%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/4/Bab%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/5/Bab%205.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/6/Bab%206.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/7/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/
http://lib.isi.ac.id
ctrlnum 4803
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/4803/</relation><title>Strategi Pembelajaran Praktik Individual Vokal Klasik Melalui Rencana Dan Pelaporan Target Belajar Di Jurusan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta</title><creator>Bintarto T, A. Gathut</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Upaya efektifitas pada pendidikan tinggi seni meliputi berbagai hal yang melibatkan aspek peningkatan kognitif maupun ketrampilan. Pembelajaran olah vokal Klasik Barat di Jurusan Musik, FSP, lSI Yogyakarta memiliki beberapa tantangan yaitu waktu studi yang relatif pendek , kompleksitas l atar belakang musik dengan cara pengolah an instrument yang khas melibatkan sedikitnya 4 baha sa asing (bahasa ltalia, Inggris, Jerman dan Perancis), organ vokal yang tidak dapat dilihat dan perlu modifikasi serta proses adaptasi mahasiswa pada sistem pembelajaran di perguruan tinggi membawa pada suatu pemikiran mengenai strategi belajar yang efektif menggu nakan rencana dan laporan target belajar. Hal tersebut disadari pula sebagai suatu bagian untuk mencipt akan alat bantu bagi pembimbing (dosen) meningat semakin banyaknya jumlah mahasiswa yang haru s dilayani. Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan yang dinamakan action research (riset tindakan) untuk menemukan sebuah strategi belajar yang tepat bagi mahasiswa yang mengambil kuliah praktik vokal. Melalui suatu riset tindakan berdasarkan pendekatan mengenai sifat suara yang sangat individual dengan jenis suara yang masih terbagi berdasarkan wilayah jangkauan nada (Sopran, Mezzo Sopran, Alto untuk putri dan Tenor, Bariton serta Bass untuk putra) dan pembentukan pribadi penyanyi melalui pengolahan emosinya ditemuk an berbagai aspek yang dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran</description><publisher>Lembaga Penelitian Yogyakarta</publisher><date>2014-11-14</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/4803/1/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/4803/2/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/4803/3/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/4803/4/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/4803/5/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/4803/6/Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/4803/7/Lampiran.pdf</identifier><identifier> Bintarto T, A. Gathut (2014) Strategi Pembelajaran Praktik Individual Vokal Klasik Melalui Rencana Dan Pelaporan Target Belajar Di Jurusan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Project Report. Lembaga Penelitian Yogyakarta, Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>4803</recordID></dc>
language eng
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Bintarto T, A. Gathut
title Strategi Pembelajaran Praktik Individual Vokal Klasik Melalui Rencana Dan Pelaporan Target Belajar Di Jurusan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta
publisher Lembaga Penelitian Yogyakarta
publishDate 2014
topic Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
url http://digilib.isi.ac.id/4803/1/Bab%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/2/Bab%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/3/Bab%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/4/Bab%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/5/Bab%205.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/6/Bab%206.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/7/Lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4803/
http://lib.isi.ac.id
contents Upaya efektifitas pada pendidikan tinggi seni meliputi berbagai hal yang melibatkan aspek peningkatan kognitif maupun ketrampilan. Pembelajaran olah vokal Klasik Barat di Jurusan Musik, FSP, lSI Yogyakarta memiliki beberapa tantangan yaitu waktu studi yang relatif pendek , kompleksitas l atar belakang musik dengan cara pengolah an instrument yang khas melibatkan sedikitnya 4 baha sa asing (bahasa ltalia, Inggris, Jerman dan Perancis), organ vokal yang tidak dapat dilihat dan perlu modifikasi serta proses adaptasi mahasiswa pada sistem pembelajaran di perguruan tinggi membawa pada suatu pemikiran mengenai strategi belajar yang efektif menggu nakan rencana dan laporan target belajar. Hal tersebut disadari pula sebagai suatu bagian untuk mencipt akan alat bantu bagi pembimbing (dosen) meningat semakin banyaknya jumlah mahasiswa yang haru s dilayani. Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan yang dinamakan action research (riset tindakan) untuk menemukan sebuah strategi belajar yang tepat bagi mahasiswa yang mengambil kuliah praktik vokal. Melalui suatu riset tindakan berdasarkan pendekatan mengenai sifat suara yang sangat individual dengan jenis suara yang masih terbagi berdasarkan wilayah jangkauan nada (Sopran, Mezzo Sopran, Alto untuk putri dan Tenor, Bariton serta Bass untuk putra) dan pembentukan pribadi penyanyi melalui pengolahan emosinya ditemuk an berbagai aspek yang dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran
id IOS2705.4803
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2019-09-21T16:41:38Z
last_indexed 2021-09-14T08:30:15Z
recordtype dc
_version_ 1765778026730094592
score 17.538404