Pola Garap Tabuhan Bonang Penerus Dalam Penyajiannya Gending Gaya Jawa Timuran

Main Author: Sugiarto, Asal
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta , 1994
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/4777/1/Bab%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4777/2/Bab%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4777/3/Bab%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4777/4/Bab%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4777/
http://lib.isi.ac.id
Daftar Isi:
  • Tabuhan bonang penerus merupakan salah satu ciri yang dapat membedakan antara suatu gaya karawitan. Dalam penyajian karawitan Jawa Timuran, bonang penerus termasuk ricikan garap yang berperan sebagai penghias lagu, imbal dengan saron peking dan bonang babok. Tabuhan bonang penerus dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu : nggembyang, ngracik, dan mbandrek. Untuk menggarap balungan ngadal, bagi bonag penerus dan bonang babok balungan ngadal dianggap saja sebagai balungan nibani atau mlaku, dengan tujuan: untuk mempermudah cara menabuh, sehingga pada balungan ngadal cara menggarapnya mempunyai pedoman yang sama dengan balungan nibani atau mlaku.