Pola Garap Tabuhan Bonang Penerus Dalam Penyajiannya Gending Gaya Jawa Timuran
Main Author: | Sugiarto, Asal |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta
, 1994
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/4777/1/Bab%201.pdf http://digilib.isi.ac.id/4777/2/Bab%202.pdf http://digilib.isi.ac.id/4777/3/Bab%203.pdf http://digilib.isi.ac.id/4777/4/Bab%204.pdf http://digilib.isi.ac.id/4777/ http://lib.isi.ac.id |
Daftar Isi:
- Tabuhan bonang penerus merupakan salah satu ciri yang dapat membedakan antara suatu gaya karawitan. Dalam penyajian karawitan Jawa Timuran, bonang penerus termasuk ricikan garap yang berperan sebagai penghias lagu, imbal dengan saron peking dan bonang babok. Tabuhan bonang penerus dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu : nggembyang, ngracik, dan mbandrek. Untuk menggarap balungan ngadal, bagi bonag penerus dan bonang babok balungan ngadal dianggap saja sebagai balungan nibani atau mlaku, dengan tujuan: untuk mempermudah cara menabuh, sehingga pada balungan ngadal cara menggarapnya mempunyai pedoman yang sama dengan balungan nibani atau mlaku.