Boneka Metaforis Dalam Penciptaan Seni Lukis
Main Author: | Bunga Windu Jaya Saputri, 1312439021 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/4590/1/BAB%20I.pdf http://digilib.isi.ac.id/4590/2/BAB%20II.pdf http://digilib.isi.ac.id/4590/3/BAB%20III.pdf http://digilib.isi.ac.id/4590/4/BAB%20IV.pdf http://digilib.isi.ac.id/4590/5/BAB%20V.pdf http://digilib.isi.ac.id/4590/6/LAMPIRAN.pdf http://digilib.isi.ac.id/4590/7/JURNAL.pdf http://digilib.isi.ac.id/4590/ http://lib.isi.ac.id |
Daftar Isi:
- Boneka adalah salah satu mainan pada masa kanak-kanak terutama bagi anak perempuan yang membutuhkan imajinasi saat memainkannya. Berbeda dengan imajinasi pada anak-anak, orang dewasa cenderung berimajinasi lebih liar tapi masih mempertimbangkan logika. Anak yang memiliki daya imajinasi yang kuat akan mempengaruhi daya pikir otaknya, hal ini akan sangat berguna pada masa tumbuh kembang anak. Imajinasi yang kuat pada anak akan membuat anak lebih percaya diri menghadapi dunia nyata, mandiri dan mampu bersaing dengan jujur. Anak akan cenderung mudah bersosialisasi dengan lingkungan dan memiliki komunikasi yang baik, bertambahnya pengetahuan pada anak, juga kemampuan untuk berpikir kreatif dan kemampuan untuk menganalisa sesuatu dengan cermat. Kenangan yang dibangkitkan dengan bermain boneka, juga imajinasi yang dewasa ini telah berubah tak lagi berimajinasi dengan lugu dan liar. Boneka yang sekarang mulai tergeser dengan adanya permainan di dalam telepon seluler, membuat kanak-kanak kini jarang terlihat bermain bersama dengan boneka mereka. Banyak dari anak-anak lebih memilih bermain telepon genggam dan akhirnya menyendiri dan asyik sendiri. Kerinduan memainkan boneka dengan imajinasi yang mengiringi dalam bermain, menimbulkan rasa ingin mengenang masa-masa indah saat masih kanak-kanak. Bermain boneka dengan asyiknya dan imajinasi yang liar menggelitik hati untuk bermain boneka dalam sebuah karya lukis.