Televisi Dan Persoalan Bangsa

Main Author: Arif Eko Suprihono, NIP 131661167
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Yayasan Media dan Seni Tradisi , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/4367/1/gabung%20300.pdf
http://digilib.isi.ac.id/4367/
Daftar Isi:
  • Television is public shaper opinion. Pemahaman terhadap kalimat ini sering diputarbalikkan, meski oleh para pengelola televisi. Pada kenyataannya, masalah ataupun subjek berita ditayangkan di televisi selanjutnya menjadi rujukan bagi sedemikian banyak pemirsa dalam berkomentar. Bukan saja penonton televisi menjadi ‘sangat tahu’ persoalan bangsa, tetapi bahkan semakin menjadi ahli dalam mengusulkan solusi persoalan masyarakat. Bad news is a good news for television, juga merupakan kalimat sakti dibalik industry televisi. Dalam waktu yang sangat cepat, televisi dapat mengaduk aduk emosi masyarakat untuk menghakimi setiap persoalan dalam tayangan televisi. Benarkah televisi hanya mampu memaparkan masalah tanpa harus dituntut kemampuannya untuk mengekspose solusi? Benarkah bahwa komersialisasi industry media ini menjadi lebih penting dari sekedar menawarkan cara berfikir positif bagi penontonnya?