Metode Pembelajaran Ricikan Rebab Robby Agus Widodo
Main Author: | Ajeng Krisna Reswara Saraswati, 1410533012 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/4322/1/BAB%20I.pdf http://digilib.isi.ac.id/4322/2/BAB%20II.pdf http://digilib.isi.ac.id/4322/3/BAB%20III.pdf http://digilib.isi.ac.id/4322/4/BAB%20IV.pdf http://digilib.isi.ac.id/4322/5/LAMPIRAN.pdf http://digilib.isi.ac.id/4322/6/JURNAL.pdf http://digilib.isi.ac.id/4322/ http://lib.isi.ac.id |
Daftar Isi:
- Skripsi berjudul “metode pembelajaran ricikan rebab Robby Agus Widodo” ini membahas tentang penerapan metode pendengaran dalam proses pembelajaran ricikan rebab yang dilakukan oleh Robby Agus Widodo serta faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran ricikan rebab yang dilakukan oleh Robby Agus Widodo. Proses pembelajaran ricikan rebab Robby Agus Widodo dilaksanakan dengan cara nyantrik bersama seorang seniman karawitan bernama Abujana. Fokus pembahasan penelitian ini pada analisis metode, proses, hasil dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran ricikan rebab yang dilakukan Robby Agus Widodo. Pembelajaran ricikan rebab melalui pendengaran atau auditory merupakan cara yang digunakan Robby Agus Widodo untuk memaksimalkan kemampuan rasa musikal dalam menguasai atau menafsir cengkok rebaban melalui pendengaran serta kemampuan kinerja memori otak untuk menyimpan dan memahami pembelajaran ricikan rebab yang kemudian diwujudkan melalui permainan ricikan rebab. Dalam hal ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran ricikan rebab yang dilakukan Robby Agus Widodo. Beberapa diantaranya adalah keterbatasan fisik, lingkungan sosial seni, dan keluarga. Beberapa faktor tersebut menjadi faktor yang memotivasi Robby Agus Widodo dalam mempelajari ricikan rebab dan mewujudkan keinginannya menjadi seorang pengrebab meski dengan keterbatasan fisik (tuna netra). Hasil dari metode pembelajaran ricikan rebab melalui pendengaran yang dilakukan Robby Agus Widodo, pada pembelajaran teknik rebaban hanya dapat diterima Robby sebagian, namun pada penguasaan nada dan pengembangan cengkok rebaban dapat diterima Robby dengan sepenuhnya dan dikembangkan sesuai kreativitas Robby.