Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Batik Nature
Main Author: | Roni Nugraha, 1112132024 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Lainnya |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/4173/1/BAB%20I.pdf http://digilib.isi.ac.id/4173/2/BAB%20II.pdf http://digilib.isi.ac.id/4173/3/BAB%20III.pdf http://digilib.isi.ac.id/4173/4/BAB%20IV.pdf http://digilib.isi.ac.id/4173/5/BAB%20V.pdf http://digilib.isi.ac.id/4173/6/Jurnal%20TA_Roni%20Nugraha_1112132024.pdf http://digilib.isi.ac.id/4173/7/LAMPIRAN.pdf http://digilib.isi.ac.id/4173/8/Karya%20TA-Roni%20Nugraha%201112132024.rar http://digilib.isi.ac.id/4173/ |
Daftar Isi:
- Kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan kini semakin marak disosialisasikan, mengingat masih kurangnya kepedulian masyarakat akan tindakannya yang secara sadar maupaun tidak sadar, dalam jangka panjang dapat merusak alam, bahkan lingkungan tempat mereka tinggal. Faktor permasalahan lingkungan diantaranya disebabkan oleh kebutuhan Fun, Food dan Fashion. Dari faktor kebutuhan Fashion, Yogyakarta tak lepas dari yang namanya Batik. Dengan kata lain, produksi atau industri batik di kota ini cukup besar, berikut dengan potensi dampak limbahnya. Limbah yang dimaksud diantaranya limbah dari zat pewarna dan limbah fiksator atau pembangkit warna, di mana produsen batik (Home Industry dan UKM) yang ada sebagian besar masih menggunakan pewarna kimia (sintetis). Sesuai himbauan pemerintah maupun lembaga non pemerintah dan juga pemerhati lingkungan, adanya permasalahan tersebut perlu mendapat tanggapan serius, salah satunya dengan mensosialisasikan penggunaan Zat Pewarna Alami yang lebih ramah lingkungan sebagai alternatif penggunaan warna untuk batik. Untuk itu, perlu dibuat media komunikasi untuk mempromosikan atau memperkenalkan kembali Zat Warna Alam sebagai bahan produksi batik ramah lingkungan. Dalam hal ini, penulis mewujudkannya dalam perancangan Komunikasi Visual Kampanye, yang didukung dengan pengumpulan data, pengolahan studi visual, hingga perancangan konsep dan mewujudkannya dalam sebuah Pesan Visual yang dapat meningkatkan awareness dan menarik minat target khalayak terhadap Batik Warna Alami.