Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang metode oral sebagai model pembelajan angklung pada anak tunarungu di SLB/B Dena Upakara Wonosobo. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tempat penelitian bertempat di SLB/B Dena Upakara Wonosobo. Hasil penelitian diperoleh melalui motode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Metode analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dengan melalui tahap reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian memaparkan tentang metode oral yang diterapkan dalam pembelajaran angklung di SLB/B Dena Upakara Wonosobo. Pembelajaran angklung merupakan upaya pendekatan untuk mendukung pengembangan metode oral pada anak tunarungu, guna mendukung suasana yang menyenangkan. Pembelajaran angklung merupakan aspek dari pengembangan komunikasi, persepsi bunyi dan irama pada anak tunarungu. Metode dengan media alat musik guna melatih kecepatan terhadap respon membaca ujaran dan sebagai media ekspresi anak tunarungu.