Gamelan Anak-Anak: Latar Belakang Penciptaan, Hasil, dan Tanggapan Anak
Main Author: | Budi Raharja, - |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dirjendikti
, 2004
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/3560/1/MAKALAH%20SEMINAR%20NASIONAL%20GAMELAN%20ANAK.pdf http://digilib.isi.ac.id/3560/ http://lib.isi.ac.id |
Daftar Isi:
- Gamelan anak-anak sangat efektif dalam membantu pengenalan angka, huruf, dan etika Jawa. Efektivitas itu ditunjukkan dengan bermacam-macam bentuk, antara lain melatih anak berbicara, bermain peran, mengemukakan pendapat, memberikan pemahaman irama – tempo – tangga nada, mendorong anak belajar membaca dan menulis, mempercepat penguasaan bahasa, menambah keterampilannya, mempercepat pemahaman konsep bilangan, dan dapat merasakan irama dan tempo serta mengenal tangga nada gamelan Jawa. Model ini dapat digunakan sebagai strategi pengenalan musik tradisi melalui pendidikan formal maupun nonformal. Strategi ini berhasil, karena anak kecil sangat peka terhadap hal-hal yang baru, termasuk di dalamnya mengenal tangga nada gamelan Jawa.