Pemanfaatan Midi dan Aplikasi pada Smart Phone sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Biola di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta
Main Author: | Santy Alif Patuh Briyandewi, 14100360131 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/3521/1/BAB%20I.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/2/BAB%20II.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/3/BAB%20III.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/4/BAB%20IV.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/5/LAMPIRAN.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/6/JURNAL.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/ http://lib.isi.ac.id |
ctrlnum |
3521 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/3521/</relation><title>Pemanfaatan Midi dan Aplikasi pada Smart Phone sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Biola di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta</title><creator>Santy Alif Patuh Briyandewi, 14100360131</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Kegiatan ekstrakurikuler biola di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta merupakan wadah bagi siswa yang memiliki bakat dan minat dalam bermusik. Akan tetapi tidak semua siswa memiliki rasa antusiasme yang tinggi dan merasa cepat bosan, tidak jarang siswa menginginkan untuk cepat pulang. Hal ini sangat disayangkan karena siswa yang seharusnya memiliki kesempatan untuk belajar musik menjadi kehilangan gairahnya dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler biola yang kemudian berpengaruh terhadap kemampuan siswa yang tidak mudah berkembang dalam bermain biola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Pengambilan data yang dilakukan adalah berupa uraian deskriptif, alamiah dan apa adanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme siswa dan meningkatkan kemampuan siswa bermain biola dengan cara memanfaatkan MIDI dan aplikasi musik yang ada pada smart phone sebagai penunjang proses pembelajaran biola. Hasil penelitian menunjukan bahwa MIDI sangat bermanfaat bagi pembelajaran biola dapat dilihat dari antusiasme siswa yang meningkat dan peningkatan kemampuan bermain biola terutama dalam mengikuti tempo, ketepatan nada dan ritme setelah dilakukan tahapan proses pembelajaran biola dengan iringan MIDI.</description><date>2018-05-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3521/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3521/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3521/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3521/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3521/5/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3521/6/JURNAL.pdf</identifier><identifier> Santy Alif Patuh Briyandewi, 14100360131 (2018) Pemanfaatan Midi dan Aplikasi pada Smart Phone sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Biola di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>3521</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Santy Alif Patuh Briyandewi, 14100360131 |
title |
Pemanfaatan Midi dan Aplikasi pada Smart Phone sebagai Penunjang Proses Pembelajaran Biola di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta |
publishDate |
2018 |
isbn |
14100360131 |
topic |
Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) |
url |
http://digilib.isi.ac.id/3521/1/BAB%20I.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/2/BAB%20II.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/3/BAB%20III.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/4/BAB%20IV.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/5/LAMPIRAN.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/6/JURNAL.pdf http://digilib.isi.ac.id/3521/ http://lib.isi.ac.id |
contents |
Kegiatan ekstrakurikuler biola di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta merupakan wadah bagi siswa yang memiliki bakat dan minat dalam bermusik. Akan tetapi tidak semua siswa memiliki rasa antusiasme yang tinggi dan merasa cepat bosan, tidak jarang siswa menginginkan untuk cepat pulang. Hal ini sangat disayangkan karena siswa yang seharusnya memiliki kesempatan untuk belajar musik menjadi kehilangan gairahnya dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler biola yang kemudian berpengaruh terhadap kemampuan siswa yang tidak mudah berkembang dalam bermain biola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Pengambilan data yang dilakukan adalah berupa uraian deskriptif, alamiah dan apa adanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme siswa dan meningkatkan kemampuan siswa bermain biola dengan cara memanfaatkan MIDI dan aplikasi musik yang ada pada smart phone sebagai penunjang proses pembelajaran biola. Hasil penelitian menunjukan bahwa MIDI sangat bermanfaat bagi pembelajaran biola dapat dilihat dari antusiasme siswa yang meningkat dan peningkatan kemampuan bermain biola terutama dalam mengikuti tempo, ketepatan nada dan ritme setelah dilakukan tahapan proses pembelajaran biola dengan iringan MIDI. |
id |
IOS2705.3521 |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
institution_id |
84 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
library_id |
99 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
repository_id |
2705 |
subject_area |
Arts/Seni, Kesenian Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi Tata Kelola Seni Pengkajian Seni |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2705 |
first_indexed |
2019-05-02T05:37:29Z |
last_indexed |
2021-09-14T08:29:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778020534059008 |
score |
17.538404 |