Gong Kebyar
Main Authors: | Pande Made Sukerta, -, Rahayu Supanggah, - |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Akademi Seni Karawitan Indonesia Surakarta
, 1979
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/3284/26/Pendahuluan%20-%20edit.pdf http://digilib.isi.ac.id/3284/27/Gending.pdf http://digilib.isi.ac.id/3284/28/Ricikan%20%26%20Tutupan.pdf http://digilib.isi.ac.id/3284/29/Penyajian.pdf http://digilib.isi.ac.id/3284/30/Lampiran.pdf http://digilib.isi.ac.id/3284/ http://lib.isi.ac.id. |
Daftar Isi:
- Dalam kehidupanmasyarakat Bali di samping melakukan kegiatan sehari hari juga melakukan kegiatan upacara-upacara keagamaan baik secara perorangan ataupun kelompok. Hampir semua kegiatan upacara melibatkan unsur-unsur kesenian baik itu berupa seni rupa, tari, karawitan, teater, dll. Dari beberap jenis kesenian yang hidup kuat di Bali, satu diantaranya adalah musik atau karawitan atau gamelan, sedangkan yang tampak paling dominan adalah karawitan atau gamelan jenis Gong Kebyar. Gong Kebyar digunakan untuk beberapa jenis keperluan upacara, mengiringi tari-tarian, konser, bahkan dapat dikatakan bisa menggantikan tugasdan fungsi dari beberapa gamelan-gamelan lainnya. Pada karawitan gong Kebyar muncul pula tradisi yaitu lebih dominannya peranan dan dikenalnya seorang penyususn gending (komponis). Laporan ini membicarakan karawitan gong kebyardari segi musikalnya (analisa musik) mengenai instrumentasi, bentuk dan struktur gending, penggarapan gending, pola tabuhan, dll.Laporan merupakan hasil pengamatan langsung, wawancara dengan beberapa seniman, pembina serta tokoh karawitan, dll. Notasi yang digunakan dalam laporan ini menggunakan notasi kepatihan untuk keperluan praktis penulisan.