Pemakaian Material Non Konvensional Dalam Seni Lukis Modern

Main Author: Mukhamad Agus Burhan, -
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Balai Penelitian ISI Yogyakarta , 1990
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/3252/1/BAB%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/3252/2/BAB%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/3252/3/BAB%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/3252/4/BAB%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/3252/5/LAMPIRAN.pdf
http://digilib.isi.ac.id/3252/
http://lib.isi.ac.id
Daftar Isi:
  • Dari beberapa sampel hasil penelitian yang telah di­ paparkan, terlihat bahwa pern pemakaian material non konvensional dalarn seni lukis modern sangat beragam sifatnya. La­tar belakang pemikiran untuk pemilihan material, dan pro­ses pemakaian material non konvensional, telah diungkap­ kan secara deskriptif. Dengan demikian telah terjawab tu­ juan penelitian mengenai hal itu. Pada tujuan penelitian selanjutnya adalah mengid entifikasikan fenomena pemakaian material tersebut. Dari deskripsi data di muka, latar be­lakang dan proses pemakaian material non konvensional da­lam seni lukis, dapat diidentifik asikan dan diklasifika­ sikan seba@i berikut: 1. Pemakaian material non konvensional dalam seni lukis modern, bisa hanya terbu tas pada bahan dan barang-ba­ rang tertentu saja. Material itu telah diketahui karak­ ternya. Hal ini m emang dimanfaatkan untuk mendukung ka­ rakter, tema dan konsep estetil yang ingin diungkap pe­ lukisnya. Contoh pada karya: Hening Swasono, Totok Su­ darwoto dan Sapto Hudoyo. 2.Pemakaian materi al non konvensional dalam seni lukis modern, bisa hanya terbatas pada bahan tertentu saja. Hal ini untuk mendukung kebutuhan kreatif dan konsep estetik pelukisnya. Sedangkan tema yang diungkapkan, tidak ada hubungannya dengan pemilih an material. Con­ toh: karya-karya Narsen Afatara. 3. Material non konvensional dalam seni lukis modern bi- sa juga berupa bahan dan barang apapun. Yang penting bisa mendukung kreatifitas, konsep estetik, dan mem­ punyai relevansi dengan tema yang akan diungkapkan. Contoh: karya Suatmadji, Agustinus Sumargo, Sapto Hu- doyo. Pemakaian material non konvensional dalam seni lukis modern, adalah juga untuk mencapai identitas• dan kepriba­ dian• pelukis lewat karyanya. Hal ini juga sangat dipenga­ ruhi oleh tuntutan kreatifitas yang menjadi ciri dari se- ni modern. Selain itu hul tersebut juga merupakan akibat dari kondisi global, yang berpengaruh pada pergeseran pe- mikiran, perubahan konsep kebudayaan dan kesenian, laju iptek, dan pertimbang an personal untuk menunjang konsep estetik pelukisnya. Melihat perkembangan seni rupa yang semakin meniadakan dinding batas antara lukisan, patung, grafis dan lain- nya, maka pemakaian material non konvensional semakin ba- nyak terjadi. Apalagi kalau kita lihat pada bentuk-bentuk baru, yang merupakan perluasan seni rupa seperti enviro- mental art, land art, conseptual art, dan lain-laiannya. Melihat perkembangan pemakaian material non konvensional dalam seni lukis modern di Indonesia, semakin menegaskan isu kritikus Sudarmadji, bahwa perkembangan se­ni lukis kita tetap merupakan manerisme dari barat. Kita masih belum bisa sampai pada tahap "invention" (Sudarma- dji, 1988, op.cit). Betapapun kesadaran itu yang berupa pemilihan dan pemakaian materi al non konvensional dalam seni lukis modern kita.