Konsep Gunungan Dalam Seni Budaya Jawa Manifestasinya di Bidang Seni Ornamen Sebuah Studi Pendahuluan

Main Author: Gustami S.P, -
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Balai Penelitian ISI Yogyakarta , 1989
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/3228/1/BAB%201.pdf
http://digilib.isi.ac.id/3228/2/BAB%202.pdf
http://digilib.isi.ac.id/3228/3/BAB%203.pdf
http://digilib.isi.ac.id/3228/4/BAB%204.pdf
http://digilib.isi.ac.id/3228/
http://lib.isi.ac.id
Daftar Isi:
  • Perwujudan gunungan sekarang ini, lengkap dengan se­ gala bentuk ornamentasinya, adalah hasil pengolahan dan . perubahan bentuk _ pohon hayat yang bila dilacak lebih jauh .merupaka n garis penerus dari konsep punden berundah-undak. Perwujudannya itu tetap mengandung maksud-maksud simbolik yang berintikan pemujaan kepada arwah leluhur yang dipan- ,_.., dang dapat memberikan perlindungan, kcbahagiaan , dan kemu- liaan hidup umat manusia !ahir-bati , di dunia dan di akhe- rat. Uleh karena itu apabila kita melihat gunungan , tercer­ min di dalarnnya suatu konsep mendalam tentang pola pikir masyarakat Jawa di masa lampau, yang secara cermat meng- hayati perikehidupan di alam makro dan di alam mikro. Se- mua itu, lebih lanjut, mengilhami semua perwujud an bentuk- bentuk karya seni pada umumnya dan seni ornamen pada •khu- susnya, yang dalam eksistensinya menjadi sarat dengan mak- sud-maksud simbolik terutama dalam hubung annya dengan san9- kan paraning dumadi. Dengan demikian, pertanyaan yang di­ ajukan, yaitu: mengapa gunungan merupakan bentuk terpilih sebagai media pengungkapan gagasan estetik masa itu,menjadi terjawab, yang tidak lain karena gunung tern¥ata memberi- kan cakrawala yang luas dan kompleks mencakup segala peri­ kehidupan, suatu medan yang penuh misteri baik bersifat fisik maupun non fisik, suatu objek pelukisan yang dapat mewakili kehidupan alarn makro dan alam mikro.