Céngkok-Céngkok Sulingan Gaya Yogyakarta Versi Ki Honggotomo Dalam Gending Laras Slendro
Main Author: | Jefry Sasongko Pramudianto, 1310505012 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/3003/1/bab%20i.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/2/bab%20ii.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/3/bab%20iii.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/4/bab%20iv%20pen.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/5/JURNAL%20JEFRY%20PDF.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/6/lampiran.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/ http://lib.isi.ac.id |
ctrlnum |
3003 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/3003/</relation><title>Céngkok-Céngkok Sulingan Gaya Yogyakarta Versi Ki Honggotomo Dalam Gending Laras Slendro</title><creator>Jefry Sasongko Pramudianto, 1310505012</creator><subject>Karawitan</subject><description>Skripsi dengan judul “Céngkok-céngkok Sulingan Gaya Yogyakarta Versi Ki Honggotomo dalam Gending Laras Slendro” ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis garap céngkok-céngkok sulingan di dalam gending gaya Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan musikalitas. Ricikan suling berfungsi sebagai penghias gending baik pada uyon-uyon/klenèngan maupun gending iringan. Ricikan suling gaya Yogyakarta berbeda dengan gaya Surakarta. Ricikan suling gaya Yogyakarta mempunyai model yang spesifik yakni, lubang nada yang berjumlah enam buah, nada dasar atau nada tutupan dhadha (3) dan penggunaan satu suling dalam dua laras yaitu laras slendro dan pelog pada gamelan tumbuk nem. Hal ini menimbulkan munculnya teknik permainan céngkok-céngkok sulingan yang merupakan ciri khas gaya Yogyakarta. Tulisan ini berlatar belakang pada fakta yang ada bahwasanya céngkok-céngkok sulingan gaya Yogyakarta semakin sedikit keberadaannya.</description><date>2017-07-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3003/1/bab%20i.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3003/2/bab%20ii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3003/3/bab%20iii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3003/4/bab%20iv%20pen.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3003/5/JURNAL%20JEFRY%20PDF.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/3003/6/lampiran.pdf</identifier><identifier> Jefry Sasongko Pramudianto, 1310505012 (2017) Céngkok-Céngkok Sulingan Gaya Yogyakarta Versi Ki Honggotomo Dalam Gending Laras Slendro. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>3003</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Jefry Sasongko Pramudianto, 1310505012 |
title |
Céngkok-Céngkok Sulingan Gaya Yogyakarta Versi Ki Honggotomo Dalam Gending Laras Slendro |
publishDate |
2017 |
isbn |
9781310505010 |
topic |
Karawitan |
url |
http://digilib.isi.ac.id/3003/1/bab%20i.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/2/bab%20ii.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/3/bab%20iii.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/4/bab%20iv%20pen.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/5/JURNAL%20JEFRY%20PDF.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/6/lampiran.pdf http://digilib.isi.ac.id/3003/ http://lib.isi.ac.id |
contents |
Skripsi dengan judul “Céngkok-céngkok Sulingan Gaya Yogyakarta Versi Ki Honggotomo dalam Gending Laras Slendro” ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis garap céngkok-céngkok sulingan di dalam gending gaya Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan musikalitas. Ricikan suling berfungsi sebagai penghias gending baik pada uyon-uyon/klenèngan maupun gending iringan. Ricikan suling gaya Yogyakarta berbeda dengan gaya Surakarta. Ricikan suling gaya Yogyakarta mempunyai model yang spesifik yakni, lubang nada yang berjumlah enam buah, nada dasar atau nada tutupan dhadha (3) dan penggunaan satu suling dalam dua laras yaitu laras slendro dan pelog pada gamelan tumbuk nem. Hal ini menimbulkan munculnya teknik permainan céngkok-céngkok sulingan yang merupakan ciri khas gaya Yogyakarta. Tulisan ini berlatar belakang pada fakta yang ada bahwasanya céngkok-céngkok sulingan gaya Yogyakarta semakin sedikit keberadaannya. |
id |
IOS2705.3003 |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
institution_id |
84 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
library_id |
99 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
repository_id |
2705 |
subject_area |
Arts/Seni, Kesenian Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi Tata Kelola Seni Pengkajian Seni |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2705 |
first_indexed |
2018-03-09T22:41:05Z |
last_indexed |
2021-09-14T08:29:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778017772109824 |
score |
17.538404 |