Karawitan Tari Golek Ayun-Ayun Karya K.R.T. Sasmintadipura: Kajian Pola Garap Kendhangan
Main Author: | Feri Darmawan, 1010439012 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/292/1/BAB%20I%20Feri.pdf http://digilib.isi.ac.id/292/2/BAB%20II%20Feri.pdf http://digilib.isi.ac.id/292/3/BAB%20III%20Feri.pdf http://digilib.isi.ac.id/292/4/BAB%20IV%20Feri.pdf http://digilib.isi.ac.id/292/ |
Daftar Isi:
- Tugas Akhir yang berjudul “Karawitan Tari Golek Ayun-ayun Karya K.R.T. Sasmintadipura: Kajian Pola Garap Kendhangan” ini berisi tentang bagaimana pola penyajian gending Ayun-ayun dan pola kendhangan tari Golek Ayun-ayun yang penyajiannya sangat berbeda dengan gending Ayun-ayun yang dipergunakan untuk karawitan mandiri atau uyon-uyon. Penelitian ini berisi tentang deskripsi pola kendhangan tari Golek Ayun-ayun. Golek Ayun-ayun merupakan sebuah tarian klasik gaya Yogyakarta yang diciptakan oleh K.R.T. Sasmintadipura yang juga seorang penari klasik gaya Yogyakarta dan pendiri Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa. Tari Golek Ayun-ayun mempunyai beberapa keistimewaan, di antaranya terletak pada pola kendhangan. Jika pada uyon-uyon menggunakan pola kendhangan yang sudah pasti, namun tari Golek Ayun-ayun mempunyai pola kendhangan yang sangat berbeda. Dengan cara ini, diharapkan dapat terungkap beberapa perbedaan pola garap kendang dalam penyajian tari Golek Ayun-ayun tersebut. Karena menggunakan iringan Ladrang Ayun-ayun, maka tarian tersebut disebut dengan Golek Ayun-ayun. Adapun tarian tersebut menggambarkan seorang remaja putri yang sedang bersolek atau merias untuk mempercantik dirinya, maka dalam gerakan-gerakan tarian tersebut terdapat gerakan ngenggar sinom yang berarti merapikan rambut di dahi, miwir rikma yang berarti merapikan rambut, berikut pola garap kendangannya