Analisis Pola Ritme Tradisional Afro-Kuba Pada Komposisi Solo Gitar Fase “Avant-Garde” Karya Leo Brouwer
Main Author: | Muhammad Almer Sidqi, 1311935013 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/2899/1/bab%20i.pdf http://digilib.isi.ac.id/2899/2/bab%20ii.pdf http://digilib.isi.ac.id/2899/3/bab%20iii.pdf http://digilib.isi.ac.id/2899/4/bab%20iv%20pen.pdf http://digilib.isi.ac.id/2899/5/JURNAL.pdf http://digilib.isi.ac.id/2899/6/lampiran.pdf http://digilib.isi.ac.id/2899/ http://lib.isi.ac.id |
Daftar Isi:
- Studi ini membahas pola ritme tradisional Afro-Kuba pada karya-karya solo gitar avant-garde milik Leo Brouwer. Penelitian ini dilakukan dengan mencari bentuk-bentuk pola ritme tradisional tersebut pada karya-karya Brouwer yang masuk dalam kategori fase avant-garde. Beberapa referensi yang relevan digunakan untuk mengidentifikasi variabel-variabel terkait. Variabel pertama adalah karya-karya Brouwer yang masuk dalam fase avant-garde: Parabola, Canticum, Tarantos, dan La Espiral Eterna, dan bentuk pola-pola ritme tradisional Afro-Kuba. Penulis mengkomparasikan idiom ritme pada karya Brouwer dengan bentuk pola ritme tradisional Afro-Kuba. Hasil penelitian pada karya-karya tersebut ditemukan pola-pola ritme tradisional di tengah gaya musik eksperimental, seperti pola ritme: tressilo, abakua, kobaye, dan cinquillo, yang hadir dalam bentuk modifikasi.