ctrlnum 2898
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/2898/</relation><title>Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul</title><creator>Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan.</description><date>2017-07-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/1/bab%20i.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/2/bab%20ii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/3/bab%20iii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/4/bab%20iv.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/5/bab%20v%20pen.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/6/Jurnal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/7/lampiran.pdf</identifier><identifier> Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013 (2017) Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>2898</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013
title Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul
publishDate 2017
isbn 9781311949011
topic Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
url http://digilib.isi.ac.id/2898/1/bab%20i.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2898/2/bab%20ii.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2898/3/bab%20iii.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2898/4/bab%20iv.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2898/5/bab%20v%20pen.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2898/6/Jurnal.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2898/7/lampiran.pdf
http://digilib.isi.ac.id/2898/
http://lib.isi.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan.
id IOS2705.2898
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2018-01-31T22:43:35Z
last_indexed 2021-09-14T08:29:28Z
recordtype dc
_version_ 1765778017127235584
score 17.538404