Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul
Main Author: | Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/2898/1/bab%20i.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/2/bab%20ii.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/3/bab%20iii.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/4/bab%20iv.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/5/bab%20v%20pen.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/6/Jurnal.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/7/lampiran.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/ http://lib.isi.ac.id |
ctrlnum |
2898 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/2898/</relation><title>Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul</title><creator>Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan.</description><date>2017-07-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/1/bab%20i.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/2/bab%20ii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/3/bab%20iii.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/4/bab%20iv.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/5/bab%20v%20pen.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/6/Jurnal.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/2898/7/lampiran.pdf</identifier><identifier> Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013 (2017) Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>2898</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Christiana Adventera Heriastuti, 1311949013 |
title |
Pembelajaran Band Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul |
publishDate |
2017 |
isbn |
9781311949011 |
topic |
Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) |
url |
http://digilib.isi.ac.id/2898/1/bab%20i.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/2/bab%20ii.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/3/bab%20iii.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/4/bab%20iv.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/5/bab%20v%20pen.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/6/Jurnal.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/7/lampiran.pdf http://digilib.isi.ac.id/2898/ http://lib.isi.ac.id |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model pembelajaran band pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB N 1 Bantul. Adapun rumusan masalah yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi tujuan dan komponen pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh menggunakan tahapan penelitian dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan tahapan klasifikasi data, koneksi dan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran band untuk meningkatkan kemandirian siswa, meningkatkan rasa percaya diri, melatih kedisiplinan, konsentrasi, dan melatih kerjasama antara siswa tunagrahita ringan dengan tunanetra. 2) Komponen Pembelajaran Band di SLB N 1 Bantul saling berkaitan guna mencapai Tujuan Pembelajaran. Guru memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidang yang diampu yaitu Pendidikan Seni Musik. Siswa ekstrakurikuler band adalah siswa-siswi yang terpilih dari setiap kelas Tunagrahita Ringan dan Tunanetra. Materi yang diajarkan terdiri atas 3 tahapan yaitu pengenalan alat, teknik permainan, dan lagu. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, prompt, peer tutorial, dan drill. Media yang digunakan adalah papan tulis dan mp3 player. Serta evaluasi pembelajaran menggunakan teknik evaluasi sikap dan teknik evaluasi perbuatan. |
id |
IOS2705.2898 |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
institution_id |
84 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
library_id |
99 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
repository_id |
2705 |
subject_area |
Arts/Seni, Kesenian Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi Tata Kelola Seni Pengkajian Seni |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2705 |
first_indexed |
2018-01-31T22:43:35Z |
last_indexed |
2021-09-14T08:29:28Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778017127235584 |
score |
17.538404 |